.

Wapres : Perguruan Tinggi Diharapkan Dapat Memajukan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Caption : Wapres K.H. Ma’ruf Amin saat sampaikan keynote speech pada The 2021 Sebelas Maret International Conference On Islamic Economics digelar secara daring, Selasa 9 November 2021.     (Foto Setwapres)

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,--Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengungkapkan ekonomi dan keuangan syariah merupakan bagian dari sistem perekonomian yang memiliki peran penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. 

Oleh karena itu, untuk dapat memaksimalkan peran penting ini diperlukan inovasi, penyiapan SDM, peningkatan literasi dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air dari berbagai pihak, salah satunya perguruan tinggi.

Demikian hal tersebut dikatakan Wapres K.H. Ma’ruf Amin ketika memberikan keynote speech pada The 2021 Sebelas Maret International Conference On Islamic Economics yang digelar secara daring, Selasa 9 November 2021.

Dalam acara yang bertajuk “Ekonomi Syariah, Manajemen dan Akuntansi, Keberagaman Gender, Ekonomi Berkelanjutan dan Generasi Muda” ini lebih lanjut Wapres menuturkan, bahwa dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia terdapat beberapa sektor kunci yang telah berkembang signifikan, yakni keuangan syariah, industri makanan dan minuman halal, kosmetik halal, obat-obatan halal, travel ramah muslim, fesyen muslim, serta media dan rekreasi bertema Islam.

“Kita bersyukur karena sektor-sektor tersebut berkembang secara signifikan di dalam negeri, salah satunya karena kita memiliki pasar muslim terbesar di dunia,” ujar Wapres.

Wapres mengharapkan Universitas Sebelas Maret (UNS), sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, untuk mengambil peran dalam rangka mencetak generasi muda yang unggul di bidang ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka mempercepat tumbuhnya ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,pesan Ma’ruf Amin. 

Lebih lanjut dikatakan Wapres,semoga konferensi ini menghasilkan rumusan-rumusan yang inovatif bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,

Melihat perkembangan baik tersebut, Wapres pun meyakini potensi Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi dan keuangan syariah dunia sangat besar, bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga sebagai produsen.

“Mengutip Presiden Joko Widodo, potensi Indonesia di bidang ekonomi dan keuangan syariah bagaikan raksasa tidur yang sudah saatnya kita bangunkan untuk berkontribusi dalam upaya kita mewujudkan cita-cita menjadi negara maju tahun 2045,” pungkas Wapres. (Red/**)