.

Wapres : Pelayanan Publik Diharapkan Semakin Sederhana dan Kompetitif

Caption : Wapres K. H. Ma’ruf Amin saat memimpin Rapat Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Timur dan Bupati/Walikota di Samarinda, Selasa (2/11/2021) .
(foto Setwapres)


SAMARINDA.LENTERAJABAR.COM,--Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin mengatakan,Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu fokus kerja pemerintah di bidang reformasi birokrasi. Seiring perkembangan zaman, kualitas yang diberikan dituntut untuk dapat menyeimbangi dinamika masyarakat yang semakin dinamis. Oleh karena itu, ke depan, pelayanan publik harus semakin sederhana dan kompetitif.

Demikian hal tersebut diungkapkan Wapres K. H. Ma’ruf Amin saat memimpin Rapat Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Timur dan Bupati/Walikota di Samarinda, Selasa (2/11/2021).

Lebih lanjut dikatakan Wapres,dinamika masyarakat menuntut pelayanan publik yang lebih cepat dan mudah. Penyelenggaraan pelayanan publik ke depan harus semakin sederhana dan kompetitif,seiring penggunaan teknologi yang semakin masif, tegasnya.

Wapres menyampaikan,kualitas pelayanan publik merupakan salah satu ujung tombak dari keberhasilan reformasi birokrasi dan merupakan wujud dari kepuasan masyarakat. Untuk itu, guna menyukseskan upaya peningkatan kualitas ini, diperlukan sinergi antar masyarakat dan pemerintah guna terciptanya kualitas pelayanan yang baik.

“Pelayanan publik yang baik tercipta melalui kohesi sinergis antara Pemerintah dengan masyarakat. Peran masyarakat penting dalam mendorong kualitas pelayanan publik. Hal ini karena masyarakat melalui fungsi kontrol dan aspirasinya memberikan respon dan masukan untuk memotivasi perbaikan dan inovasi yang tiada henti,” urai Wapres.

Di sisi lain, tambah Wapres, tujuan akhir dari pelayanan publik adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, penguatan atau intervensi dari pusat yang kemudian diselaraskan dengan program pemerintah daerah dan dunia usaha menjadi penting agar pelayanan publik dapat lebih adaptif dan berdaya saing.

“Saya berharap agar kualitas SDM aparatur penyelenggara pelayanan publik terus meningkat sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang baik dalam pelayanan publik. Konsolidasi, kolaborasi, dan sinergi antara Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah lain, serta dengan dunia usaha harus senantiasa diperkuat agar pelayanan publik menjadi lebih adaptif dan berdaya saing,” pungkas Wapres.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melaporkan jenis-jenis pelayanan publik yang dilakukan di wilayah Kalimantan Timur serta upaya peningkatan kualitas yang telah dijalani. Ke depan, ia berharap agar sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam segala bidang, salah satunya di bidang reformasi birokrasi dapat berjalan dengan sinergis dan harmonis.

“Kami berharap, pemerintah pusat terus mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan dan pemberdayaan masyarakat, sekaligus dukungan terhadap pelayanan publik dengan regulasi yang efektif,” pungkas Wapres.(Red/**)