.

Perumda Tirtawening Lakukan Pemeliharaan Intake Bak Cikalong dampak Banjir Bandang

Caption : Pemelihraan bak intake milik Perumda Tirtawening.(foto dok Perumda Tirtawening)

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Perumda Tirtawening Kota Bandung, pada hari ini, Selasa 2 November  2021 pihaknya melakukan pemeliharaan rutin terhadap Intake Bak 1 Cikalong dampak banjir bandang. Selain itu juga hal ini dilakukan untuk mengankut sendimentasi di bak intake milik Perumda Tirtawening.
 

Ini kita rutin lakukan karena memang dari tahun ke tahun kondisi sedimentasi kita ini terus bertambah sehingga tumpukan-tumpukan sedimen lumpur, pasir, diintake  kita itu begitu mudah menutupi celah atau lubang yang akan masuk ke intake PDAM.

Bak intake ini merupakan instalasi penting dalam pengolahan air di PDAM Tirtawening Kota Bandung. Air dari sungai sebelum masuk bak penampungan dan pengolahan akan melalui bak intake ini untuk menyaring benda-benda bahaya seperti sampah dan lainnya.

Rencananya pemeliharaan ini akan dilakukan pada pagi hingga sore nanti. Meski begitu, setelah pengurasan bak intake selesai, tak serta merta air akan langsung mengalir ke rumah pelanggan.

Menurutnya, perlu waktu 2 hingga 3 hari agar air bisa mengalir kembali ke rumah pelanggan seperti biasa.

Di Wilayah Bandung Timur, misalnya, Kecamatan Cihampit, Citarum, Jatisari, Cijaura, hingga Cicaheum tersebut bisa mengalami kekurangan sumber air bersih. Di wilayah ini terdapat sekitar 40 kelurahan yang terdampak.

Sementara itu di wilayah Bandung Barat, terdapat sekitar 18 kelurahan yang terdampak. Di antaranya ialah Kecamatan Ancol, Sawah Kurung, Pasir Luyu, dan Cibaduyut.

Selama proses pemeliharaan ini, pelanggan yang berada di wilayah timur dan barat akan terganggu. Maka dari itu, pelanggan bisa memohon bantuan tangki gratis kepada PDAM dengan cara menghubungi :

Kantor tangki air di nomor 022-2507993 / 087779726506
Kantor Wilayah Timur :022-7204227
Kantor Wilayah Barat : 022-6016471

Bantuan air ini diberlakukan syarat. Syaratnya adalah permohonan bantuan ini minimal untuk 10 pelanggan. Nanti bantuan air tangki akan datang sesuai dengan permintaan warga.(Rie/Red)