.

Refocusing Anggaran Berdampak Pada Program Mitra Kerja

Caption : Anggota Komisi IV DPRD  Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat kemarin dalam upaya mencari informasi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Cabang Dinas ESDM Wilayah III Purwakarta.

Kunker Komisi IV yang membidangi pembangunan ini terkait dengan evaluasi Kegiatan dan monitoring Cabang Dinas ESDM Wilayah III Purwakarta pada organisasi perangkat daerah (OPD) mitra kerja Komisi,saat di minta tanggapannya Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady melalui telepon selulernya Selasa 9 November 2021 

Menurut politisi senior partai Gerindra ini,dampak refocusing anggaran tahun 2021 pada program mitra kerja karena pandemi terjadi pada anggaran Kantor Cabang Dinas ESDM Wilayah III Purwakarta yang besarannya hampir lima milyar rupiah,jelas Daro sapaan akrab Daddy Rohanady .

Lebih lanjut dikatakan Anggota Legislatif (Aleg) Fraksi Gerindra Persatuan DPRD Provinsi Jawa Barat ini, bahwa pada pelaksanaan anggaran untuk tahun 2021 Cabang Dinas ESDM Wilayah III Purwakarta terkena Refocusing dari 1,7 Miliar turun menjadi 1,2 Miliar,terang Daro.

Ditambahkan politisi partai berlambang burung garuda ini,pada perencanaan awal Anggaran 1,7 Miliar lalu terkena refocusing menjadi 1,2 Miliar, dimana 1,2 Miliar ini terdiri dari belanja modal, belanja operasional kurang lebih 1 miliar dengan pelaksanaan program 10 kegiatan, dan 15 sub kegiatan, paparnya. 

Daro menyebut,hasil evaluasi dari Komisi IV sendiri ada beberapa pencapaian yang harus ditingkatkan, yaitu salah satunya untuk administrasi tambang yang dirasa belum mencapai target,tutur politisi yang dekat dengan berbagai kalangan ini.

“Salah satu pencapaian yang harus ditingkatkan pada Cabang Dinas ESDM Wilayah III ini yaitu administrasi tambang dimana targetnya 58 persen namun pada pelaksanaannya masih 25 persen, dan untuk kelistrikannya sendiri sudah hampir tercapai 60 persen,"ungkap Wakil Ketua Fraksi Gerindra Persatuan DPRD Provinsi Jawa Barat ini.

Ditambahkan, namun demikian capaian – capaian lain yang belum bisa maksimal dapat dimaksimalkan terutama permasalahan listrik di wilayah III Purwakarta serta permasalahan energi baru terbarukan, pungkas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) jabar XII meliputi Kabupaten Cirebon,Indramayu dan Kota Cirebon ini.(Rie/AdPar)