.

DPRD Jabar Pantau PTM di SMAN 3 Cibinong Bogor

Caption : Komisi V DPRD Provinsi Jabar  saat kunker ke SMAN 3 Cibinong Kabupaten Bogor,dalam rangka monitoring persiapan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan realisasi pelaksanaan vaksin di SMAN 3 Cibinong,(foto istimewa)

BOGOR.LENTERAJABAR.COM
,-- Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) salah satu garapannya bidang pendidikan , melakukan kunjungan kerja (kunker) ke SMAN 3 Cibinong Kabupaten Bogor.

Kunker ini terkait dalam rangka monitoring persiapan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan realisasi pelaksanaan vaksin di SMAN 3 Cibinong, Kamis, 4 November 2021.

Pada kesempatan tersebut, Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat meninjau kesiapan PTM selain itu juga melakukan diskusi bersama guru dan civitas SMAN 3 Cibinong serta menyerap aspirasi dari guru Honorer yang ada di SMAN 3 Cibinong ini.

Anggota Komisi V DPRD Jabar , Iwan Suryawan mengatakan, permasalahan Guru Honorer di Jabar khususnya di Kabupaten Bogor dan Umumnya di Indonesia ialah terkait ketersediaan formasi bagi calon Guru PPPK, dimana masih banyaknya guru existing sekolah tersebut yang tidak bisa bahkan tidak lolos PPPK dikarenakan formasi atau bidang ilmu nya tidak tersedia.

Dirinya berharap dengan telah terlaksananya PTM, ini bisa kembali mendongkrak kualitas pembelajaran setelah selama pandemi ini melalui daring, kedepannya pihaknya mengingatkan seluruh civitas sekolah agar selalu patuh dalam protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Dengan disiplin menerapkan prokes 3M yaitu memakai masker,Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir dan memakai masker,papar Iwan.

"Kami apresiasi untuk seluruh civitas SMAN 3 Cibinong yang antusias akan melaksanakan PTM , dan berharap kualitas pembelajaran bisa lebih baik setelah PTM bergulir ini , serta kami juga mengapresiasi seluruh pihak yang mendukung  PTM ini dengan standar Covid-19,  tidak lupa juga kami menghimbau prokes tetap diutamakan dan kontribusi semua pihak untuk prokes," tegasnya

Menurut Iwan, ini menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh pihak terkait terutama bagi Pemerintah Pusat, Iwan berharap kedepannya Pemprov maupun Pemerintah Pusat bisa mengkaji ulang dalam prosea rekruitmen Guru PPPK. 

"Terkait dengan masalah pengangkatan guru PPPK , diberikan usulan bagaimana terkait pengangkatan harus memperhatikan guru honorer existing dan secara bertahap dilakukan peningkatan kapasitas dan bisa diangkat jadi guru PPPK dengan mengikuti prosedur yang berlaku," kata Iwan.

"Kami menyerukan kepada pemerintah pusat harus mengkaji permasalahan pengangkatan guru honorer yang ada, selain itu test PPPK harus berdasarkan formasi yang ada dan harus ada formasi yang existing di sekolah masing masing yang sesuai kebutuhan sekolah masing-masing," tambahnya. 

DPRD Jabar bangga dan mengapresiasi SMAN 3 Cibinong yang merupakan sekolah atlet, mengingat siswa/i SMAN 3 Cibinong berlaga di PON XX Papua diberbagai Cabang Olahraga, dan berhasil menyumbangkan 8 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Iwan menambahkan harus ada pengembangan fasilitas penunjang bagi atlit dan calon atlit di SMAN 3 Cibinong ini, saat ini Komisi V bersama KONI akan terus mempersiapkan segala sesuatu demi kesuksesan PON tahun 2024 mendatang.

Dirinya berharap dengan diperhatikannya fasilitas pendukung di SMAN 3 Cibinong ini akan melahirkan atlet-atlet berprestasi yang bisa membuat Jabar Juara dan Indonesia Juara. 

"SMAN 3 Cibinong ini menjadi percontohan bagi SMAN pencetak atlet, Komisi V akan  melakukan dorongan untuk melengkapi fasilitas di SMAN 3 Cibinong ini, mengingat pembibitan atlet sangat bagus dari usia dini," ungkap wakil rakyat daerah pemilihan(dapil) Jabar VII Kota Bogor ini.

"Komisi V telah melakukan evaluasi terkait PON XX Papua dengan KONI , dan kita harus mempersiapkan kembali PON 2024,  dengan diraihnya medali 8 emas, 3 perak, dan 1 perunggu dari anak didik SMAN 3 Cibinong, kedepannya SMAN 3 Cibinong harus mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah dan harus ada pengembangan yang baik demi terlahirnya penerus atlet dari SMAN 3 Cibinong ini," pungkas Iwan Suryawan.(Ferry Ardiansyah)