Notification

×

Iklan

Iklan

Diplomasi Cendol Warnai Kunjungan Kerja Menlu Inggris ke Kota Bogor

Jumat, 12 November 2021 | 16:40 WIB Last Updated 2021-11-12T09:40:15Z

Caption : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss dengan jamuan istimewa jajanan khas Indonesia dari Kota Bandung cendol elizabeth

BOGOR.LENTERAJABAR.COM,--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor, Jumat (12/11/2021). 

Unik dan menarik karena jajanan khas Indonesia dari Kota Bandung cendol elizabeth menjadi jamuan istimewa dalam bincang antara Pemda Provinsi Jabar dan Pemerintah Inggris. 

“Kami sangat berbangga dan dapat kehormatan kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss, dan yang paling istimewa beliau senang sekali meminum cendol itu yang utama. Ternyata ada cendol elizabeth yang terkenal di Jabar dan nama beliau adalah Elizabeth,” ujar Ridwan Kamil.  

Elizabeth memang menjadi nama yang umum di Britania Raya termasuk itu juga menjadi nama Ratu Inggris.

Diplomasi bilateral dengan jajanan khas Jabar tersebut ternyata menjadikan obrolan antara kedua belah pihak pun menjadi lebih cair. 

Selepas pertemuan Gubernur membeberkan permintaan Menlu Inggris yang menawarkan untuk membuka restoran di London dengan menu es  cendol. 

“Jadi beliau meminta kalau bisa buka restoran di London ada cendolnya lah itu tentang diplomasi cendolnya,” ujar kang Emil.

Diplomasi model seperti ini kerap dilakukan Gubernur Ridwan Kamil. Sebelum cendol elizabeth, kopi kerap dipakai Ridwan Kamil dalam berbagai kunjungan kerja ke luar negeri sebelum pandemi bahkan hingga saat ini melalui pertemuan virtual.

Diplomasi kopi efektif menggaet kerja sama bisnis, budaya, dan pemerintahan. Pada Februari 2020, Gubernur meluncurkan Kafe Jabarno di 555 Flinders Lane, Kota Melbourne, negara bagian Victoria, Australia. 

Mei lalu Ridwan Kamil sukses menjadikan batik sebagai alat diplomasi yang efektif ketika menyatukan Indonesia - Korea Selatan di mana artis K- Pop Leetuk dan Yeesung Super Junior berpose mengenakan batik rancangan Ridwan Kamil dan membuat ramai pemberitaan di kedua negara. (Rie/Red)


×
Berita Terbaru Update