.

Wapres Ma'ruf Minta Citra Koperasi Diubah Jadi Lebih Modern

Caption : Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam acara bertajuk Koperasi Modern, UMKM Tangguh, Pariwisata Bangkit, Sabtu, 2 Oktober 2021.(Foto: tangkapan layar youtobe BPMI dan Setwapres)

JAKARTA .LENTERAJABAR.COM
,--Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, mendorong pelaku koperasi di Indonesia untuk memanfaatkan platform digital dalam memberikan layanan kepada anggotanya. Upaya ini penting dilakukan untuk mengubah citra koperasi menjadi lebih modern.

Koperasi memiliki peran strategis untuk mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota dan UMKM di sekitarnya. Melalui koperasi, UMKM dapat memperoleh akses untuk modal usaha serta kesempatan untuk mengikuti pelatihan pengembangan usaha. 

Oleh karena itu, agar dapat terus mengoptimalkan peran strategis ini, koperasi dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya melalui transformasi digital.

"Sudah saatnya saudara-saudara harus mengubah citra koperasi menjadi modern, baik dalam pengelolaan usaha, pelayanan anggota, serta akses pembiayaan,” kata Maruf Amin dalam acara “Nasari Bagi Indonesia" bertajuk Koperasi Modern, UMKM Tangguh, Pariwisata Bangkit, Jakarta, Sabtu (2/10/2021).

Maruf Amin menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur telekomunikasi dan informasi yang mutlak diperlukan dalam mendukung transformasi digital. Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM juga telah menargetkan mencetak 100 koperasi modern dan berbasis digital di 2021 ini.

"Koperasi diharapkan mampu meningkatkan kontribusi pada produk domestik bruto (PDB) per tahun mencapai 5,1% sampai 5,5% pada 2024. Saya berharap seluruh koperasi dan pelaku UMKM dapat terus berusaha dan mampu bangkit untuk menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat guna mendukung pemulihan ekonomi nasional,” kata Maruf Amin.

Untuk itu, Wapres mengapresiasi diadakannya Pencanangan Koperasi Modern UMKM Tangguh dan Pariwisata Bangkit guna mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional. Ia pun berharap agar kegiatan ini dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah dapat membangkitkan semangat koperasi di seluruh Indonesia untuk melakukan transformasi menjadi modern, pungkasnya.(Red/**)