.

Presiden Jokowi Resmi Membuka Perhelatan PON XX Papua

Caption : Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan sambutan di acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua di Stadion Lukas Enembe, 2 Oktober 2021. (Foto: PB PON XX Papua)

JAYAPURA.LENTERAJABAR.COM
,-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka perhelatan Pekan Olahraga Nasional XX Papua (PON Papua) di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

Jokowi menggunakan jaket berwarna merah putih. Jokowi terlihat hadir di lokasi acara sekitar pukul 17.00 WIB atau 19.00 WIT.

Jokowi, yang menggunakan masker, tampak melambaikan tangan kepada penonton di dalam stadion saat memasuki lokasi acara.

Di lokasi tersebut tampak ada Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Menpora Zainudin Amali.

Acara diawali dengan dinyanyikannya lagu Aku Papua gubahan Franky Sahilatua. Lagu itu dinyanyikan Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth Auparay.


Caption : Tampak Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Menpora Zainudin Amali. (YouTube Sekretariat Presiden)

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan rasa bangganya berada di Tanah Papua dan berada di Stadion Lukas Enembe yang menjadi stadion terbesar di Asia Pasifik.

"Kita bangga membuka PON yang pertama kali digelar di tanah Papua. PON ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini adalah panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan. PON ini adalah pangggung kesetaraan dan keadilan untuk maju bersama sejahtera bersama dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia," ujar Jokowi.

"Dengan mengucap bismillahirrahmannirahim, Pekan Olahraga Nasional ke-XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka," tambah Jokowi.

Sebelumnya Gubernur Lukas Enembe dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah yang memberikan kepercayaan kepada Papua menjadi tuan rumah PON XX.

"Kami terbuka lebar menyambut teman-teman semua. Saya berterima kasih kepada panitia penyelenggara atas kegiatan yang luar biasa ini. Kami berusaha membuat banyak senyum dan tawa. Dari Tanah Papua kami akan tunjukkan kepada sahabat-sahabat di Nusantara, kami masyarakat Papua juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari Indonesia, Merah Putih ada dalam hati dan jiwa kami," ujar Lukas Enembe.