Notification

×

Iklan

Iklan

Menkominfo Resmikan BTS 4G di Papua Barat

Kamis, 07 Oktober 2021 | 07:55 WIB Last Updated 2021-10-07T00:55:38Z

Caption : Menkominfo Johnny G. Plate Peresmian BTS 4G di Provinsi Papua Barat, yang berlangsung di Swiss Belhotel Manokwari, Rabu (6/10/2021). Foto: BPMI Setpres/Rusman

MANOKWARI.LENTERAJABAR.COM
,-- Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Papua Barat. Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo tentang percepatan transformasi digital nasional. Oleh karena itu, Menteri Johnny mengajak masyarakat untuk menjaga infrastruktur telekomunikasi yang telah dibangun dengan baik.

“Pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G merupakan bagian penting dari arahan Presiden Joko Widodo dalam agenda percepatan transformasi digital nasional,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Akses Telekomunikasi dan Peresmian BTS 4G di Provinsi Papua Barat, yang berlangsung di Swiss Belhotel Manokwari, Rabu (6/10/2021).

Menurut Menkominfo, layanan BTS 4G di Provinsi Papua Barat ditandai dengan dimulainya peresmian BTS 4G yang telah on air di dua kabupaten yang mencakup Desa Isiren, Kecamatan Rumberpoon dan Desa Siresi Kecamatan Soug Jaya di Kabupaten Teluk Wondama, serta Desa Kasi Indah Kecamatan Kasi Kabupaten Tambrauw.

“Setelah infrastrukturnya tersedia, tentu pesan Bapak Presiden ini dijaga dengan baik. Bukan hanya dijaga oleh Kominfo atau kontraktor, tapi dijaga bersama-sama dengan masyarakat, karena itu menggunakan APBN, uang rakyat. Jadi kita jaga bersama-sama,” ajaknya.

Menteri Johnny memaparkan di Papua Barat terdapat 824 BTS 4G yang telah dibangun. Menurutnya, keberadaan layanan BTS 4G saat ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam pengembangan tata ruang dan pembangunan daerah.

“Rapat koordinasi kita hari ini tidak saja untuk menentukan titik lokasi pembangunan BTS (berikutnya), tetapi juga menjadi acuan pengembangan tata ruang dan pembangunan daerah,” harapnya.

Menkominfo juga meminta koordinasi dan penataan ruang pembangunan daerah memperhatikan ketersediaan coverage sinyal 4G yang menjadi aktifitas saat ini dan masa depan masyarakat.

“Jangan sampai lagi setelah ini dibangun anak sekolah nyari sinyal naik pohon, para ibu-ibu pengusaha, UMKM kita harus naik gunung untuk cari sinyal. Jangan sampai itu terjadi lagi,” pungkasnya.

Peresmian itu menandai dimulainya layanan BTS 4G di 4.200 lokasi yang dibangun BAKTI Kementerian Kominfo  pada tahun 2021. Semua BTS 4G akan on air secara bertahap. Peresmian berlangsung melalui konferensi video antara Manokwari dengan para perangkat dari ketiga desa di mana lokasi BTS berada.(Red/**)


×
Berita Terbaru Update