.

Kunjungan Kerja di Papua,Ridwan Kamil Tawarkan Inovasi 4.0 di Sektor Ekonomi dan Pariwisata

Caption : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

SORONG.LENTERAJABAR.COM
,-- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua Barat. Kunjungan kerja tersebut akan diawali dengan peresmian Alun-alun Kabupaten Sorong, Jumat (1/10) hari ini. 

Ridwan Kamil secara khusus mendesain langsung Alun-alun Kabupaten Sorong yang diinisiasi sejak 2017 sebagai wujud persaudaraan antara warga Jabar dan Papua.

Setelah itu, Ridwan Kamil akan menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe pada Sabtu (2/10). Ia bakal menyemangati kontingen Jabar yang berlaga di PON XX Papua 2021. 

Dia mendapat sambutan hangat dari Bupati dan Wakil Bupati Sorong saat tiba di Bandara Sorong, Papua Barat, Rabu (29/9) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil optimistis Pemda Kabupaten Sorong dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi teknologi 4.0, khususnya di bidang ekonomi dan pariwisata. 

Ia juga menawarkan sejumlah inovasi yang sudah diterapkan Pemprov Jabar untuk diaplikasikan di Pemda Kabupaten Sorong. 

"Kami tawarkan juga untuk pengembangan ekonomi Kabupaten Sorong jika mau mengembangkan ekonomi pertanian. Kedua tentunya nanti program-program pariwisata. Kemudian juga reformasi birokrasi," ucap Emil, sapaan akrabnya, Kamis (30/9).

"Jawa Barat juara satu dalam berbagai bidang reformasi birokrasi melalui teknologi atau smart e-Government. Itu juga misi utama kita ke sini," tambahnya.

Selain itu, Emil pun memaparkan sejumlah inovasi teknologi 4.0 di bidang pertanian. Inovasi tersebut dapat diterapkan juga di Pemda Kabupaten Sorong.

"Kita, telah menyiram tanaman pakai handphone, itulah teknologi 4.0 sedang kami kembangkan sampai akhir tahun nanti. Kalau teknologinya sudah beres kami tawarkan untuk Pemkab Sorong," katanya.

"Optimistis bisa bawa Sorong meningkat dari segi ekonomi dan pariwisatanya. Alamnya indah, orangnya ramah-ramah asal mau membuka diri kerja sama. Kita tidak tahu kebutuhan yang dibutuhkan oleh Pemerintah Sorong. Dengan adanya komunikasi, kita saling memahami," tambahnya. 

Dengan penanganan Covid-19 yang terus membaik di Indonesia, Emil berharap pembahasan kerja sama Pemprov Jabar dan Pemda Kabupaten Sorong bisa semakin intens dilakukan. 

"Apabila Covid-19 surut, kita membahas lagi kerja sama ini, sangat saya tunggu," tandasnya.(Red/Bdh)