.

Program Desa Digital Dari Kemendes PDTT Melalui Aplikasi E-Desa Mediatech

Caption :Penandatanganan  Perjanjian Kerjasama Direktur PT Lebar Media Grup (LGM) Iwa Permana dengan Direktur PT Veronica Jaya Abadi (VJA) Dewi Lilis Erlita 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
--Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerjasama dengan Kemeninfo dan beberapa stakeholder terus berupaya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa, melalui program Desa Digital. 

Kemendes dan Kemeninfo terus berupaya meningkatkan percepatan akses dan pembangunan infrastruktur digital untuk melayani publik secara cepat dan efisien. Pemberdayaan masyarakat desa disesuaikan dengan potensi SDM dan SDA desa, unsur kearifan lokal, karakteristik budaya masyarakatnya, serta memanfaatkan teknologi digital.

Berdasarkan data dari Kemendes-PDTT, desa di Indonesia ada sebanyak  74.957 desa.  Setiap tahun ada triliunan dana yang disalurkan ke seluruh desa. Bahkan, kini total dana yang disalurkan ke desa sudah menacapai  Rp187 triliun dan ditambah lagi dana dari kementroian lain yang sudah mencapai sekitar Rp561 triliun masuk ke desa.  

Menyikapi hal tersebut, PT Lebar Media Grup (LGM), sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Media Technologi Solution dengan PT Veronica Jaya Abadi (VJA) melaksanakan Perjanjian Kerjasama (PKs) dalam rangka membantu program Kemendes PDTT.

Kita ketahui, Kemendes PDTT mempunyai program yakni program E- Desa, ”Dari Desa Untuk Indonesia” yakni kegiatan mengembangkan Pemerintah Desa (PemDes) memasuki era digitalisasi (industrial revolution 4.0 an society 5.0) dengan pelayanan publik menjadi lincah dan terintegrasi (agile and integrated organization), dengan memanfaatkan Aplikasi E-Desa.

Direktur PT Lebar Media Grup, Iwa Permana mengatakan, tujuan Perjanjian Kerjasama ini adalah mewujudkan pembangunan desa digital melalui Aplikasi E-Desa Mediatech untuk meningkatkan kecerdasan, efektivitas, produktifitas, partisipasi dan kesejahteraan warga desa menuju desa kuat, maju, mandiri dan demokratis.



“Saya berharap, dengan Aplikasi E-Desa Mediatech dapat memberikan manfaat dan keuntungan kepada warga Desa, Pemerintah Desa, Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dalam membantu meningkatkan kecerdasan, efektifitas, produktifitas, partisipasi dan kesejahteraan warga desa menuju desa kuat, maju, mandiri dan demokratis,” ujar Iwa, Senin (13/09/2021) di Bandung dalam Konferensi Pers usai penandatanganan berita acara PKs.

Direktur PT Veronica Jaya Abadi, Dewi Lilis Erlita mengungkapkan, pihaknya sangat antusias sekali dengan Aplikasi E-Desa Mediatech yang sedang dikembangkan oleh PT. Lebar Media Group.

Ditambahkan, aplikasi E-Desa Mediatech dengan Toolsnya yang sangat lengkap akan sangat bermanfaat untuk warga desa, sehingga anggaran Dana Desa tidak salah sasaran.

“Kami akan segera melakukan koordinasi dengan Bupati Kabupaten Bandung, agar aplikasi ini bisa diterapkan di Desa-desa di Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Perjanjian Kerjasama ditandatangani oleh Direktur PT Lebar Media Grup, Iwa Permana dan Direktur PT Veronica Jaya Abadi, Dewi Lilis Erita yang didampingi masing-masing jajaran.

Sebelum acara penandatanganan PKs, ditempat yang sama kedua perusahaan tersebut melaksanakan tasyakuran dan do’a bersama sebagai wujud syukur serta diberikan kelancaran dalam melaksanakan tugas selanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut, para undangan yang hadir menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun selama berkegiatan.**