.

Dua Startegi Pemda Jabar Kejar Target 37 Juta Vaksinasi akhir Desember 2021

Caption : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dalam upaya mengejar target  herd immunity salah satunya percepatan program vaksinasi massal melibatkan semua unsur,guna menuju 37 Juta Vaksinasi Warga Jabar akhir Desember 2021.

Menurut Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil,Pemda Provinsi Jabar menempuh dua cara dalam kampanyenya. Pertama, vaksinasi massal di kab/kota dengan cara kolaborasi, kedua vaksinasi jemput bola dengan layanan ‘door to door’ mendatangi masyarakat,ungkapnya Rabu (22/9/2021)

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat  Nina Susana Dewi, vaksinasi door to door Jabar dilakukan melalui program Saber Vaksinasi untuk menarget kelompok masyarakat yang selam ini kurang tersentuh kabupaten/kota.

“Vaksinasi door to door ini  khususnya untuk masyarakat yang mobilisasinya terbatas di daerah sulit dijangkau seperti disabilitas, lansia, bumil, juga ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) atau bila banyak yang tak bisa datang ke tempat pelayanan,” kata Nina.

Menurut Nina, vaksinasi secara door to door ini merupakan kebijakan yang lebih ke arah solusi terhadap kondisi yang ada. Dua tantangan dalam vaksinasi door to door adalah pertama, anggapan bahwa waktu pelayanan yang tidak secepat vaksinasi massal di satu titik.

Kedua, ketersediaan sumber daya manusia. “Keterbatasan SDM serta harus memperkirakan logistik vaksin merupakan salah satu yang menjadi kendala pelaksanaan program vaksinasi secara door to door,” ujar Nina.

Sekadar mengulas, vaksinasi COVID-19 door to door sudah berjalan sejak 31 Agustus 2021, disaksikan langsung Presiden Joko Widodo di Kampung Pengampaan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.(Red/Gst)