Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar Virtual Museum Tour, Kemenpora RI Edukasi Peserta Didik Tentang Sejarah Keolahragaan

Rabu, 22 September 2021 | 21:14 WIB Last Updated 2021-09-22T14:14:59Z

Caption : Kemenpora RI melalui Museum Olahraga Nasional menggelar kegiatan virtual museum tour.(foto:dok/kemenpora)

JAKARTA, LENTERAJABAR.COM
, -- Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melalui Museum Olahraga Nasional menggelar kegiatan virtual museum tour. Kegiatan ini diharap dapat memberikan edukasi, inspirasi, rekreasi dan sejarah keolahragaan kepada peserta didik ditengah pandemi Covid-19. 

Kepala Museum Olahraga Nasional, Een Ermawati mengatakan, virtual museum tour ini dalam rangka menjalankan program layanan publik ditengah pandemi. Meski tidak bisa datang langsung, peserta bisa tetap menyaksikan dan memperoleh informasi mengenai museum olahraga nasional melalui virtual. 

“Kegiatan ini bertujuan memberikan nilai edukasi, inspirasi, rekreasi bagi para peserta didik bidang keolahragaan, memberikan informasi untuk melihat secara langsung bukti dari peristiwa sejarah keolahragaan yang tersimpan di dalamnya,” kata Een, Rabu (22/9/2021). 

Selain itu, virtual museum tour tersebut juga bagian dari mempertahankan eksistensi keberadaan Museum Olahraga Nasional ditengah pandemi. Terobosan dan inovasi terus dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang sejarah dibidang keolahragaan. 

Kegiatan virtual museum tour yang dilakukan Museum Olahraga Nasional ini bekerjasama dengan Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur 2, dan KKGO Jakarta Timur 2. Peserta yang mengikuti virtual museum tour tidak dipungut biaya, atau gratis. 

“Peserta merupakan pelajar sekolah dasar dan didampingi oleh guru dari sekolah. Virtual museum tour diselenggarakan setiap hari Selasa dan Kamis, dan terdapat tiga sesi,” ujar Een. 

Lanjut Een, virtual museum tour dimulai pada 7 September lalu. Untuk tahap awal ini,  mengundang dari perwakilan sekolah di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Tidak tutup kemungkinan, kegiatan ini nantinya akan diperluas dengan menyentuh ke berbagai sekolah yang ada di DKI Jakarta. 

“Ini dilaksanakan dengan melalui zoom meeting dan disiarkan langsung melalui YouTube Museum Olahraga Nasional. Peserta yang aktif menjawab kuis dan bertanya akan mendapat suvenir dari Museum Olahraga Nasional. Fasilitas yang akan didapat untuk peserta didik dan guru pendamping adalah e-sertifikat. Kegiatan juga kita harap nantinya bisa diikuti oleh masyarakat lainnya dan terbuka untuk umum,” jelasnya. 

Sejauh ini, Een mengungkapkan peserta didik sangat antusias dan aktif bertanya untuk mengetahui sejarah keolahragaan di Tanah Air. Dia pun mengapresiasi para pelajar tersebut. “Peserta jika di total sudah mencapai seribuan dan mereka antusias mengikuti seluruh rangkaian acara,” pungkas Een.(Red/Ril)


×
Berita Terbaru Update