Notification

×

Iklan

Iklan

Danamon Dukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah di Masa Pandemi serta upaya untuk mempercepat kekebalan komunitas

Kamis, 26 Agustus 2021 | 11:28 WIB Last Updated 2021-08-26T04:28:25Z


JAKARTA.LENTERAJABAR.COM,--Dengan semangat tumbuh melalui kolaborasi, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) melalui aksi Danamon Peduli menggulirkan program vaksinasi bagi para pedagang pasar. Program ini juga menjadi bagian dari rangkaian acara peringatan hari jadi Danamon yang ke 65 sekaligus turut memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. 

Pasar merupakan tonggak perekonomian dan sumber penghidupan masyarakat yang juga berpotensi menjadi salah satu kluster penyebaran COVID-19, sehingga Danamon percaya bahwa pasar membutuhkan perhatian khusus untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Program vaksinasi ini diawali di Pasar Senen, Jakarta pada 12-13 Agustus dan dilanjutkan di Pasar Cihaurgeulis serta Pasar Baltos di Bandung pada 20-21 Agustus. Terakhir, program vaksinasi pedagang pasar ini dilakukan di Gedung Serba Guna Denggung, Pasar Prambanan, dan Pasar Kuliner Belut Godean di wilayah Sleman, Yogyakarta pada tanggal 25 – 27 Agustus.

 “Program vaksinasi untuk para pedagang merupakan wujud kepedulian kami terhadap masyarakat khususnya di lingkup pasar. Ini merupakan wujud nyata dukungan kami terhadap pemerintah dalam penanganan Covid-19, khususnya terkait dengan percepatan vaksin. Kami berharap vaksinasi ini dapat membantu mempercepat pembentukan kekebalan komunitas di kalangan para pedagang, sehingga mereka dapat beraktivitas kembali secara aman dan dapat menghidupkan kembali perekonomian di daerah. Dengan terjaganya kesehatan lingkungan pasar lebih terlindungi dan nyaman dalam beraktifitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.  Danamon yakin dengan bersama dan saling berkolaborasi kita semua bisa bangkit dan bertumbuh di masa yang sulit ini,” ujar Direktur Syariah & Sustainability Finance, Herry Hykmanto.



Sebagai keberlanjutan Program Danamon Peduli melalui Pasarku Bersih dan Sehat, serta kesiapan/tanggap bencana, maka dalam situasi pandemi saat ini, Danamon Peduli melaksanakan program vaksinasi masyarakat. Dalam program vaksinasi pedagang ini sekitar 3.250 dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia disalurkan di 6 wilayah lokasi pelaksanaan. 

Kegiatan ini turut didukung diantaranya oleh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan setempat, PD Pasar Jaya, Jakarta Kolaborasi,   PT Bio Farma, PT Kimia Farma, PD Pasar Jaya, BPR Bank Sleman, Perumda Pasar Juara Kota Bandung dan Perumda BPR Bank Bandung serta berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Pada hari ini, menggandeng Kimia Farma dan Bank Sleman, Danamon melaksanakan rangkaian program vaksinasi terhadap para pedagang pasar yang kali ini dilakukan di Gedung Serba Guna Denggung, Pasar Prambanan, dan Pasar Kuliner Belut Godean di wilayah Sleman, Yogyakarta. Yang menarik dari kegiatan vaksinasi di Sleman ini adalah untuk pertama kalinya, Danamon menggunakan Vaksin Gotong Royong untuk kegiatan tanggung jawab sosialnya.

Plt. Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra mengatakan, kegiatan sosial perusahaan (CSR) PT Bank Danamon Indonesia Tbk. dan PT BPR Bank Sleman dalam bentuk vaksinasi kepada para pedagang pasar tradisional di Sleman sejalan dengan upaya pemerintah dalam mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity).

"Kami mengapresiasi dan mendukung bentuk CSR Danamon dan Bank Sleman yang didukung oleh Pemkab Sleman melalui Vaksinasi Gotong Royong [VGR] untuk para pedagang pasar tradisional. Apalagi pasar merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli. Dengan vaksinasi ini diharapkan imunitas para pedagang dapat terjaga dengan baik sehingga aktivitas pasar dapat berjalan dan turut menggerakkan roda perekonomian," ujarnya.

KFD memberikan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dalam pelaksanaan VGR terhadap para pedagang pasar tradisional Sleman. KFD merupakan cucu usaha PT Kimia Farma Tbk. yang memberikan pelayanan kesehatan melalui klinik kesehatan dan laboratorium klinik dengan mengelola 422 klinik dan 73 lab klinik dan memiliki keungulan sekaligus kekuatan sarana dan fasilitas pelayanan kesehatan serta 1.200 dokter dan 3.300 perawat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Agus Chandra menegaskan, KFD siap memberikan pelayanan Vaksinasi Gotong Royong kepada badan usaha/perusahaan, termasuk VGR untuk kegiatan CSR seperti yang dilakukan oleh Danamon dan Bank Sleman terhadap pedagang di pasar tradisional Sleman.



“Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Danamon dan Kimia Farma dalam program CSR untuk vaksinasi Covid-19 pagi para pedagang pasar hari ini. Kegiatan ini tidak lain bertujuan untuk membantu upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam percepatan vaksinasi covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi dengan sasaran pedagang pasar. Sebagai mitra Bank Sleman, vaksinasi ini merupakan salah satu apresiasi kepada pedagang pasar yang membantu kekebalan tubuh pedagang pasar. Kegiatan vaksinasi hari ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Sleman, OJK DIY, Polres Sleman, Disperindag, Dinkes dan pihak-pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu,” ujar Direktur Utama Bank Sleman, Muhammad Sigit, SE., M.Si.

Saat ini Bank Sleman bermitra dengan lebih dari 18 pasar yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. Bentuk kerjasama berupa simpan, kredit dan layanan pembayaran retribusi paar. Beberapa kegiatan CSR yang telah dilaksanakan oleh Bank Sleman dalam rangka upaya pencegahan Covid-19 diantaranya adalah pembagian masker, bantuan hand sanitizer, pembuatan poster edukasi Covid-19, bantuan APD dan sarana cuci tangan untuk fasilitas umum. Pada saat ini juga akan disampaikan bantuan pakaian APD untuk PMI Cabang Sleman sebagai sarana dalam melayani masyarakat di masa pandemi ini.

Bupati Sleman, Dra. Hj. Kustini Tri Purnomo dalam pembukaan kegiatan vaksinasi di Sleman menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Bank Danamon dan Bank Sleman yang telah melaksanakan kegiatan CSR di wilayah Kabupaten Sleman berupa pemberian vaksinasi bagi masyarakat. Lebih lanjut Bupati berharap agar terciptanya herd immunity di tengah masyarakat akan cepat terwujud atas peran serta dan kontribusi seluruh elemen masyarakat, termasuk dunia usaha.

Selain vaksinasi, Danamon juga mendukung komunitas pasar  melalui program Healthy Banking for Communities yang mengusung tema ‘Merdeka dari Covid’. Melalui program Healthy Banking for Communities, Danamon turut mendukung proses digitalisasi pembayaran di Pasar Juara Kota Bandung dan Pasar Sleman, yakni dengan mendorong digital collection retribusi pasar dan QRIS guna membantu terciptanya transaksi secara non-tunai yang dapat membentuk lingkungan pasar yang sehat dan nyaman khususnya di masa pandemi ini. Melalui program ini, Danamon juga mendistribusikan vitamin dan masker untuk mendorong Healthy Lifestyle agar kesehatan tetap terjaga di lingkungan komunitas Pasar.**

×
Berita Terbaru Update