.

Berkonsep Seribu Bulan Sabit,Masjid Agung Purwokerto Hasil Rancangan Ridwan Kamil Mulai Dibangun

Caption: Desain Masjid Agung Purwokerto berkonsep Seribu Bulan Sabit hasil rancangan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Sumber: instagram @ridwankamil)

BANYUMAS.LENTERAJABAR.COM
,--Masjid Agung Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang didesain Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mulai dibangun. Pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama yang dilaksanakan pada Jumat (7/5/2021).

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- melalui konferensi video mengatakan bahwa desain Masjid Agung Purwokerto memiliki konsep Seribu Bulan Sabit. Ia berharap masjid tersebut dapat menjadi kebanggaan warga Kabupaten Banyumas.

"Hari ini ada groundbreaking. Teriring dari saya doa dan harapan agar prosesi groundbreaking ini menjadi awal lancarnya pembangunan masjid raya di Banyumas yang kebetulan saya membantu mendesainkan," kata Kang Emil dari Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Menurut Kang Emil, konsep Seribu Bulan Sabit merupakan simbol keislaman dalam jumlah banyak. Harapannya, Masjid Agung Purwokerto dapat menjadi benteng dan rumah ibadah bagi umat muslim di Kabupaten Banyumas.

"Mudah-mudahan bulan sabit sebagai simbol keislaman, jumlahnya sangat banyak, menjadi benteng, menjadi rumah bagi ibadahnya umat muslim di Banyumas," ucapnya.

"InsyaAllah akan menjadi masjid yang iconic dan menjadi landmark yang dibanggakan dan tentu menjadi masjid yang paling makmur karena orang datang untuk salat dan meramaikan dengan kegiatan keagamaan," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang datang langsung mewakili Kang Emil dalam acara peletakan batu pertama pembangunan masjid berharap masjid tersebut dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Jawa Tengah.

"Bentuknya bulan sabit, beliau (Ridwan Kamil) tadi menyampaikan sebagai tanda keislaman. Itu yang disampaikan oleh Pak Gubernur," kata Pak Uu --sapaan Wagub Jabar.

"Mudah-mudahan masjid ini bermanfaat dan membawa kebaikan khususnya untuk peningkatan keimanan dan ketakwaan masyarakat Banyumas, dalam bingkai NKRI," tambahnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap Masjid Agung Purwokerto dapat menjadi ikon Kabupaten Banyumas. Apalagi, Purwokerto merupakan salah satu kawasan strategis di kabupaten tersebut.

"Area ini cukup strategis untuk dibangun kota baru, sehingga pembangunan masjid akan menjadi lanskap yang menarik untuk wilayah ini," kata Ganjar.

"Sehingga pembangunan tak hanya fisik, tapi juga kental spiritual. Satu harapan masjid ini makmur bisa mengajarkan nilai-nilai beragama," imbuhnya.(Rie/Bgs)