.

Hade Euy...!!! Buruan Sae Jadi Jawara Ajang PPD Tingkat Jawa Barat


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Inovasi Buruan SAE (Pekarangan Sehat, Alami, Ekonomis) milik Kota Bandung berhasil meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) sebagai juara pertama kategori kota terbaik di tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada Wali Kota Bandung, Oded M Danial, pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Trans Luxury Hotel Bandung, Senin 12 April 2021.

Inovasi Buruan SAE, menurut Oded, merupakan inovasi yang sangat luar biasa karena memiliki tujuan yang baik yakni untuk menanggulangi permasalahan pangan di Kota Bandung. 

Selain itu, inovasi tersebut bisa menjadi sebuah jawaban dalam menghadapi situasi saat ini yang terbilang sulit.

Oded berharap inovasi Buruan SAE bisa kembali mendapat penghargaan di tingkat nasional. Sehingga inovasi tersebut tak hanya diimplementasikan di Kota Bandung saja, namun di seluruh Indonesia agar Indonesia bisa mandiri pangan.

"Alhamdulillah hari ini mendapat penghargaan lagi. Sekarang kita sedang proses karena sudah menjadi nomor 1 di Jawa Barat, sekarang sedang proses nasional mewakili Jawa Barat. Mudah-mudahan di nasional kita bisa dapat," tuturnya.

Namun Oded mengingatkan, penghargaan bukanlah akhir dari tujuan, melainkan harus menjadi sebuah cambukan untuk memotivasi agar bekerja lebih ekstra lagi. 

Bahkan ia pun meminta setiap RW di Kota Bandung harus memiliki minimal satu titik yang membudidayakan inovasi Buruan SAE.

"Tentu saja saya berharap ini menjadi media atau sarana untuk memotivasi. Kita bisa menghadirkan konsep pembangunan terbaik untuk masyarakat Kota Bandung. Saya minta ke depan, setiap RW harus ada," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, Anton Sunarwibowo mengungkapkan, setelah berhasil melewati jenjang di tingkat provinsi, kini inovasi Buruan SAE sudah memasuki tahap penilaian di tingkat nasional.

Ia pun meminta doa khususnya kepada seluruh warga Kota Bandung agar inovasi tersebut bisa kembali mendapat apresiasi di tingkat nasional.

"Karena untuk nasional akan mengutus kota dan kabupaten terbaik. Kemarin kita sudah masuk dan tinggal menunggu hasil. Mohon doa, semoga apa yang kita peroleh di provinsi bisa kembali meraih apresiasi dari nasional," harapnya.

Untuk diketahui, pada ajang kali ini ada 6 Kabupaten/Kota yang memiliki inovasi terbaik yang meraih PPD Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021.

Di antaranya yaitu untuk kategori Kabupaten Terbaik diraih oleh Kabupaten Garut sebagai juara, Kabupaten Bandung meraih peringkat kedua dan Kabupaten Cianjur (peringkat ketiga).

Untuk kategori kota terbaik, Kota Sukabumi meraih peringkat kedua dan Kota Bogor behasil menduduki peringkat ketiga.(Rie/Red)