Notification

×

Iklan

Iklan

bank bjb Cianjur Gelar Webinar Bersama BUMDes Untuk Tingkatkan Perekonomian Desa

Jumat, 16 April 2021 | 14:26 WIB Last Updated 2021-04-16T07:26:20Z


CIANJUR.LENTERAJABAR.COM
,--Plt Bupati Cianjur Herman Suherman membuka acara Webinar dan Talkshow bank bjb Bersama BUMDes sekabupaten Cianjur, Kamis 15 April 2021. Acara bertajuk “BUMDes Sehat Menuju Desa Mandiri Bersama bank bjb” tersebut berlangsung di ruang Gede Pangrango, aula kantor bank bjb Cabang Cianjur.

Adapun acara digelar secara hybrid, yakni gabungan bincang-bincang secara offline di kantor BJB Cabang Cianjur dan audience yang hadir secara online melalui aplikasi zoom. Pada kesempatan tersebut, Herman memaparkan soal pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang nantinya akan dikerjasamakan dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai akselerator pengembangan BUMDes.

“Namanya BUMD Sugih Mukti yang akan bergerak dalam bidang pertanian dan perdagangan. Nantinya, BUMD ini akan menjadi ‘bapak angkatnya’ BUMDes yang ada di desa dalam setiap pengelolaannya,” ungkap Herman.

Dia mengatakan, BUMDes merupakan unsur yang penting untuk membentuk desa mandiri. Dari 345 desa di Cianjur, saat ini terdapat 300 desa yang telah membentuk BUMDes.“Ditargetkan seluruh desa harus memiliki BUMDes bila ingin menjadi desa yang maju,” tegasnya.


Sementara itu, Pimpinan Cabang bank bjb Kabupaten Cianjur Erry Rinaldi mengatakan, saat ini pihaknya tengah berusaha mengoptimalkan BUMDes untuk meningkatkan perekonomian desa. Dari 354 desa di Cianjur, sebanyak 40 BUMDes telah terdaftar sebagai mitra Payment Point Online Bank (PPOB) bank bjb.

“Kami akan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya desa dan BUMDes yang nantinya akan berimbas pada pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)” kata Erry.

Senada dengan hal tersebut, Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, bank bjb siap mendorong pertumbuhan BUMDes sebagai wujud komitmen dalam mengembangkan perekonomian warga, yang pada akhirnya dapat memperkuat ekonomi nasional.

“bank bjb senantiasa mendukung segala upaya pengembangan ekonomi masyarakat, salah satunya dengan mendorong pertumbuhan BUMDes lewat kerjasama dengan BUMD. BUMDes adalah elemen yang vital dalam mewujudkan ketahanan ekonomi masyarakat desa,” ungkapnya.

Dalam sesi talkshow, hadir pula sejumlah narasumber membahas potensi dan pengembangan BUMDes. Termasuk informasi terkait program bank bjb yang mendorong terwujudnya sebuah Desa Mandiri.

Narasumber yang menyampaikan materi meliputi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial, Kabag Perekonomian dan Investasi Kabupaten Cianjur, Cicih Permasih. Serta Manager Bisnis Komersial Bank bjb Cianjur, Gilang Wahyudi Riswara dan perwakilan PT Value Stream, Asep Miftahurrohman. *

×
Berita Terbaru Update