.

Ka Atalia Kwarda Jabar Lantik Ketua Mabicab Kota Banjar

Caption: Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil saat melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota masa bakti 2021-2026 di Aula Setda Kota Banjar.

BANJAR.LENTERAJABAR.COM
,--Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Banjar masa bakti 2021-2026 di  Aula Setda Kota Banjar. Jumat (5/3/2021).

Setelah itu, Ketua Mabicab Pramuka Kota Banjar Ade Uu Sukaesih yang juga Wali Kota Banjar melantik Ketua Kwarcab Pramuka Kota Banjar dan LPK Pramuka Kota Banjar.

Usai pelantikan, Kak Atalia, pengurus Kwarda Pramuka Jabar, dan Kwarcab Kota Banjar melakukan gerakan sosial penanaman 1.200 bibit pohon di Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari. Setelah itu, Kak Atalia membagikan bibit pohon kepada masyarakat sekitar.

"Kegiatan dirangkaikan dengan berbagai program seperti penanaman pohon sudah sangat masif dilakukan oleh Mabicab, tadi sebanyak 1.200 pohon," ucap Kak Atalia.

Penanaman bibit pohon di Bojongkantong  bertujuan untuk membudidayakan tumbuhan produktif atau bibit unggul, seperti durian, belimbing, alpukat, dan jambu kristal.

"Saya kira ini bisa jadi inspirasi bagi daerah lain," tutur Kak Atalia.

Tak hanya itu, Kwarda Pramuka Jabar dan Kwarcab Pramuka Kota Banjar menebar 75 ribu bibit ikan di Situ Leutik Desa Cibeureum. Bibit ikan merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar.

Ketua Mabicab Pramuka Kota Banjar Ade Uu Sukaesih mengatakan, pihaknya menargetkan penamanan pohon sebanyak 1 juta bibit. Maka satu orang dari 200 ribu penduduk Banjar harus menanam pohon sebanyak empat buah.

Bersama Pemkot Banjar, kata Ade, Kwarcab Pramuka Jabar akan gencar menyosialisasikan dan penyerahan bibit pohon kepada masyarakat.

"Bibit pohon sudah tersedia, kita punya target satu orang menanam empat pohon. Maka, 200 ribu penduduk Banjar dikali empat pohon menjadi 1 juta pohon tertanam," kata Ade.

Sementara itu untuk mendukung kegiatan pramuka, pihaknya sudah menyediakan lahan seluas 1 hektare di Bojongsari dan 2 hektare di Pataruman untuk dijadikan bumi perkemahan.

"Tanah di Bojongsari akan disiapkan untuk bumi perkemahan Kwartir Ranting Langensari seluas 1 hektare dan Kwartir Ranting Pataruman 2 hektare, semuanya hasil dari swadaya anggota gerakan pramuka kwartir ranting masing-masing," tutur Ade.(Rie/Red)