.

Kang Uu Ruzhanul: Membaca Adalah Jendela Dunia

Caption: Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menjadi narasumber Webinar bertema "Menggapai Mimpi Menuju Kampus Impian" yang digelar Komunitas Literasi Galuh via konferensi video di Kabupaten Majalengka.

MAJALENGKA.LENTERAJABAR.COM
,--Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus berupaya meningkatkan minat baca generasi muda. Sejumlah inovasi pun dihadirkan, seperti Kolecer (Kotak Literasi Cerdas), Candil (Maca Dina Digital Library).

Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, dengan membaca, generasi muda dapat mengasah kemampuan, kapabilitas, dan berdaya saing.

"Membaca merupakan jendela dunia dan akan mengubah karakter pribadi menjadi lebih baik," kata Kang Uu saat menjadi narasumber Webinar bertema "Menggapai Mimpi Menuju Kampus Impian" yang digelar Komunitas Literasi Galuh via konferensi video di Kabupaten Majalengka, Jumat (29/1/2021).

Selain membaca, kata Kang Uu, generasi muda harus pandai menulis berbagai keilmuan dan teori. Nantinya, tulisan tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Jabar.

Kang Uu pun memotivasi generasi muda untuk terus meningkatkan kemampuan dan keahlian guna menggapai impian. Menurutnya, ada tiga hal yang selalu ia pegang dalam mewujudkan impian.

"Kakek saya selalu menyampaikan untuk menjadi sukses harus memiliki tiga kepribadian. Pertama kahayang atau impian. Kedua, kadaek  alias kemauan, yang ketiga kawani alias keberanian," ucapnya.

"Kalau tiga hal sudah menjadi kepribadian anak bangsa terutama generasi muda Jabar, Insyaallah berawal dari kahayang, kadaek, dan kawani  akan menjadi orang yang sukses," imbuhnya.

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar sudah melauncurkan  Jabar Future Leader Scholarship (JFLS). JFLS merupakan program bantuan biaya perguruan tinggi yang diberikan Pemda Provinsi Jabar kepada masyarakat Jabar yang sedang menempuh pendidikan tinggi dan berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik.(Rie/Bgs)