.

Walikota Larang Kegiatan Timbulkan Kerumunan & Melanggar Protokol Kesehatan


BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,
--Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak masyarakat muhasabah di rumah masing masing pada malam tahun baru. Ajak ini diserukan Oded untuk menghindari terjadinya kerumunan yang berpotensi menularkan Covid-19 pada malam tahun baru 2021. Selain mengajak masyarakat berdoa di rumah, Pemkot Bandung juga menutup 23 ruas jalan baik di tengah kota, pinggiran, maupun perbatasan.

"Mang Oded sangat-sangat mengimbau kepada warga Kota Bandung agar dalam menyikapi malam tahun baru sebaiknya tetap ada di rumah. Berkegiatan di rumah. Terutama di malam tahun baru itu saat-saat kita bermuhasabah diri," kata Oded, Kamis (31/12/2020).

Dia juga melarang segala bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan dan melanggar protokol kesehatan. Seperti meniup terompet dan menyalakan kembang api, yang mana kegiatan tersebut berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Euforia seperti itu (meniup terompet dan menyalakan kembang api) tidak boleh. Yang biasanya zikir di masjid saja tidak diperkenankan, karena itu mengakibatkan kerumunan orang, sebaiknya dilakukan di rumah juga," ujarnya.

Apabila saat pergantian malam tahun baru nanti terdapat warga yang merayakan dan menimbulkan kerumunan, maka Pemkot Bandung akan memberi sanksi sesuai dengan Peraturan Wali Kota Bandung No 73 Tahun 2020. "Sebagaimana dengan Perwal yang baru, itu (sanksi) tetap berlaku. Itu saya berharap kepada aparat kewilayahan dan kepada satgas Covid-19 kita tetap berjaga," tutur Wali Kota Bandung.

Selain itu, pria yang akrab disapa Mang Oded ini juga mengajak masyarakat Kota Bandung khususnya umat Islam memperbanyak berzikir dan berdoa pada malam pergantian tahun baru 2021 nanti. "Mang Oded berharap untuk mengurangi yang nanti akan berdampak kepada persoalan penyebaran Covid-19, saya mengimbau sebaiknya berdzikir dari rumah masing-masing, kemudian juga menghormati menghargai dan memuliakan para penghafal Alquran," tutur Mang Oded. 
 

Kabag Operasi Satlantas Polrestabes Bandung AKP Dody Kuswanto mengatakan, Satlantas Polrestabes Bandung akan membagi tiga ring untuk mengamankan jalan di Kota Bandung pada malam pergantian tahun. "Besok malam ada tiga ring. Untuk ring 1 penutupan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB sampai jam 05.00 WIB. Tapi untuk Jalan Dipatiukur akan ditutup pukul 17.00 sampai 05.00 WIB," kata AKP Dody K di Balai Kota Bandung