.

BKKBN Jabar Tetap Berprestasi Meski Dalam Suasana Pandemi Covid-19

keterangan foto : Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, Kusmana

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,--Perjalanan Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Jawa Barat. Sempat tertatih saat awal pandemi Corona. Tapi itu tidak menghalangi Jabar, untuk menorehkan sejumlah Prestasi membanggakan di Pentas Nasional.

“Awalnya Kami akui program dan pelayanan sempat terganggu saat pandemi Covid-19 terjadi. Ini terjadi karena sejumlah fasilitas kesehatan tidak bisa melaksanakan pelayanan KB. Kami menyadari bahwa para petugas dan fasilitas kesehatan prioritas pelayanan bagi penanganan Covid-19,” terang Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, Kusmana, saat bertemu sejumlah Jurnalis dalam Media Gathering Bangga Kencana 2020 di kantornya, Kamis 31 Desember 2020.

Seiring waktu berjalan, Ayah Uung sapaan akrab Kusmana mengaku bangga dengan capaian Bangga Kencana Jabar. Di luar indikator kinerja utama, Jabar sukses menorehkan prestasi di berbagai kategori. Uung mencatat setidaknya terdapat 12 penghargaan yang berhasil diboyong Jawa Barat sepanjang 2020. Salasatunya keberhasilan Jawa Barat dalam mendapatkan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) dari Kementerian Pemberdayaan Aratur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Predikat ZI WBK menjadi bukti bahwa kerja kerasnya dalam memberikan pelayanan kepada keluarga Jawa Barat selama setahun mendapat pengakuan pemerintah. Lembaga yang dipimpinnya dianggap sukses membangun komitmen kuat sekaligus mewujudkan pelayanan terbaik yang terbebas dari Korupsi.

“Ini kebanggaan bagi kita semua di BKKBN Jawa Barat. Ayah sangat berterima kasih kepada anak-anak Ayah, seluruh pegawai BKKBN Jawa Barat, yang sudah menunjukkan tekad kuat untuk mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi ini,” jelas Kusmana.

Inilah deretan prestasi yang diraih BKKBN Jawa Barat sepanjang tahun 2020 meliputi: 1. Juara 1 Lomba Pembuatan Film Promosi International Training Program. 2. Juara 1 Lomba Foto Pelayanan KB MKJP dalam rangka Hari Vasektomi Sedunia. 3. Juara 1 Pengelolaan PPID Terbaik Tingkat Nasional dari BKKBN RI. 4. Juara 1 Duta Genre Putra Tingkat Nasional. 5. Juara 2 Duta Genre Putri Tingkat Nasional. 6. Juara 2 ADPIN Award 2020, kategori KIE Medsos . 7. Juara 2 Lomba Video Clip Sajojo dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2020.

Selain itu ada lagi 8. Juara 3 ADPIN Award 2020, kategori Lini Lapangan. 9. Juara Harapan I Tingkat Nasional Lomba Pelayanan KB Rumah Sakit Tipe D. 10. Juara Harapan I Tingkat Nasional Lomba Pelayanan KB Rumah Sakit TNI/POLRI dan 11. keberhasilan mendapatkan akreditasi A untuk Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Jawa Barat.(Red/Ade)