.

Tetap Survive Masa Pandemi,Lakukan Improvisasi dan Inovasi Usaha

Budi Hartawan, yang akrab disapa kang Eben saat ngobrol dengan media

 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Kota Bandung merupakan salah satu kota pendidikan di Indonesia .Karena di ibu kota Provinsi Jawa Barat (Jabar) terdapat Perguruan Tinggi yang cukup terkenal yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) Di tempat inilah sang proklamator Ir.Soekarno sempat menempuh pendidikannya. 

Selain itu yang tidak dapat di pisahkan adalah kawasan jalan Pelesiran-Tamansari karena di daerah ini merupakan kawasan pendidikan, diantaranya, ada ITB, Unpad, Unisba dan Unpas, STDI Bandung. Sehingga, banyak berdiri kos-kosan, maupun rumah kontrakan untuk  mahasiswa maupun karyawan.  

Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) memukul kondisi ekonomi masyarakat hampir di semua sektor terdampak karena virus yang pertama kali muncul di Wuhan negara Tiokok tersebut. Banyak pekerja yang dirumahkan lantaran kondisi perusahaan merugi imbas minimnya pesanan atau berkurangnya pengunjung di mal atau rumah makan. 

Misalnya, yang dialami  Budi Hartawan, yang akrab disapa kang Eben itu sebelumnya berkerja di perusahaan swasta dan juga pemilik rumah kost di daerah jalan Pelesiran kini dia terpaksa memutar otak untuk bertahan melakukan improvisasi dan inovasi usaha di tengah pandemi ini,tutur alummi Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) Jatinamgor Sumedang ini.

Menurut pria berkacamata ini sebelum pandemi Covid-19 melanda usaha kost-kost yang di kelola kang Eben sebanyak 24 kamar semua terisi oleh para mahasiswa maupun karyawan,namun karena Covid-19 tempat kost-annya hanya terisi 3,hal ini di sebab karyawan banyak yang di PHK(pemutusan hubungan kerja) begitu juga dengan mahasiswa banyak yang pulang kampung,jelas kang eben kepada Reaksi Nasional di cafe Agro Meat Shop “ Eat More Meat” di Jalan Ciliwung No 9 Bandung kemarin.

Dengan  improvisasi dan inovasi serta pantang menyerah dilakukan kang Eben,melalui rekan satu tempat yang dulunya sama-sama tinggal di daerah jalan Pelesiaran,Kang Eben saat ini memasok/mensuplai kebutuhan sayuran seperti salada,kentang dan lain-lain untuk cafe Agro Meat Shop “ Eat More Meat”.

Selain itu saat ini,Dia terinspirasi  untuk melakukan budidaya salada ungu melalaui pola hidroponik , menginngat permintaan salada tersebut cukup tinggi sementara pasokan dari petani di Lembang terbatasa,jadi saya melakukan hal tersebut,ungkapnya seraya berpesan di masa pandemi ini kita jangan berpangku tangan untuk tetap berusaha dengan kreatif  dengan mencari peluang yang ada serta dlam berusaha tersebut jangan lupa menerapkan protokol kesehatan (prokes) melalui 3 M Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, plus menghindari kerumunan dll, lanjut Kang Eben, wajib dilakukan demi menghindari Covid-19.(Rie/Red)