.

Komisi III Minta Pemprov Jabar Genjot Kinerja BUMD

Wakil Ketua Komisi III DPRD Jawa Barat, Sugianto Nanggolah

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,
- DPRD Provinsi Jawa Barat mendesak Biro BUMD Pemerintah Provinsi (Pempro) Jabar untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan kinerja BUMD yang kian menurun.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Jawa Barat, Sugianto Nanggolah menegaskan dalam rapat kerja dengan mitra komisi III, dirinya meminta Kepala Biro BUMD Jabar, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka harus mampu menggelola BUMD tersebut. 

Pasalnya, kata dia, seluruh BUMD Jabar tidak menunjukan tren yang bagus. Kecuali bank BJB dan Migas Hulu Jabar yang terlihat bagus kinerjanya.

"Kalau ibu tak mampu maka ibu silahkan men-hayer keluar dari pekerjaan ini. Sebab, BUMD yang tidak memberikan kontribusi itu banyak, salahsatunya PDAP dan Agro Jabar," kata Sugianto di Bandung.

Dia menjelaskan bahwa Komisi III berencana membentuk Pansus untuk meningkatkan pendapatan daerah.  

"Makannya kita tadi bahas. Dalam waktu dekat ini, setalah mendapat surat dari Pimpinan Dewan untuk melakukan investigasi kepada BUMD sekarang ini," jelasnya.

Bahkan, Sugianto, menyebut permasalahan BUMD sangat klasik, ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 kinerja BUMD sangat mengkhawatirkan. 

"Tadi kita mempermaslahakan BUMD. Kita sekarang ini cenderung merugi. Padahal kita tidak ingin BUMD ini selalu merugi," pungkas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar 1 meliputi Kota Bandung dan Cimahi ini.(Rie/Red)