Notification

×

Iklan

Iklan

DPRD Jabar Minta Pemprov Lebih Teliti Tetapkan Status Zona Pandemi

Sabtu, 19 September 2020 | 16:10 WIB Last Updated 2020-09-20T09:16:16Z


                                 Dadang Kurniawan Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat

 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan mendesak pemerintah provinsi (Pemprov) untuk mengubah kebijakan, dalam menentukan zona terkait pandemi Covid-19.

Dia mengatakan, penentuan status wilayah berupa zona merah, kuning, hijau dan hitam, yang didasari setelah adanya pemeriksaan swab dan rapid tidak adil. Sebab pemeriksaan yang menjadi tolok ukur, tidak dilakukan secara merata di tiap daerah. Akibatnya, wilayah yang tidak disertakan dalam pemeriksaan serta merta dianggap zona hijau.

Dikhawatirkan hal tersebut kata Dadang, membuat masyarakat menjadi acuh tak acuh dalam mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan. Lantaran beranggapan bahwa daerahnya aman, karena dinyatakan oleh pemerintah berada di zona hijau. Dia berharap, ada evaluasi dalam penentuan zona tersebut dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Dari hasil studi banding kami beberapa waktu lalu di Semarang, Jawa Tengah. Fokus penanganan Covid disana, pertama adalah tentang penentuan status wilayah. Mereka yang dulunya sempat di urutan pertama paling banyak korban, akhirnya bisa berkurang karena tahapan pemeriksaan yang mereka lakukan. Ini bisa jadi bahan evaluasi kita bersama, tentang penentuan wilayah. Intinya, indikatornya apa?,” ujar Dadang.

“Di kita ini, penentuan zona. Seperti zona merah, apabila ada kasus yang ditemukan setelah dilakukan pemeriksaan. Terus untuk wilayah yang tidak tersentuh pemeriksaan, dianggap tidak ada kasus dan masuk ke zona hijau. Itu kan tidak adil. Dasar penentuan zona harus jelas. Apa benar karena enggak ada kasus? Kalau tidak di tes, diperiksa. Ya tidak akan ditemukan kasus. Harusnya pemeriksaan dilakukan merata. Jadi biar jelas, mana yang merah dan hijau. Kalau seperti sekarang ini, ya akhirnya karena tidak ada pemeriksaan dan dianggap zona hijau. Masyarakatnya takutnya jadi cuek. Ini harus di evaluasi,” imbuhnya.

Dadang juga meminta kepada pemerintah untuk terus memberikan edukasi selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dilakukan, akan bahaya Covid-19 agar masyarakat tidak terlena dan beranggap permasalahan ini sudah berakhir. Sampai nanti betul-betul sudah ditemukannya vaksin atau obat, yang bisa menghentikan laju penyebaran pandemi tersebut,pungkas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar 2 Kabupaten Bandung ini.(Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update