.

bank bjb-Pemkab Bogor Bersinergi Bantu UMKM,Sukseskan Program PEN

CIBINONG.LENTERAJABAR.COM,–bank bjb dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berkolaborasi dalam rangka mensukseskan program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sebagai salah satu bentuk dari upaya tersebut, kedua belah pihak sepakat bakal mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna memperkuat daya saing usaha mereka.

Sinergi kolaborasi ini merupakan bagian dari kesepakatan yang dijalin antara bank bjb dan Pemkab Bogor di mana pada Rabu (9/9/2020), bertempat di Pendopo Bupati Bogor, perusahaan dan pemerintah menyepakati perjanjian kerja sama (PKS) fasilitasi jasa permodalan dalam kemitraan dan pemberdayaan UMKM.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Cibinong Boy Pandji Soedrajat dengan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat. Penandatanganan juga disaksikan oleh Bupati Bogor Ade Yasin dan Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi dan dihadiri oleh Jajaran bank bjb serta jajaran Pemerintahan Kabupaten Bogor.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan upaya stimulasi ekonomi bank bjb melalui skema pembiayaan kepada pelaku usaha di sektor produktif. Pemerintah daerah juga mendorong upaya pemulihan ekonomi lewat penyaluran dana PEN ini agar denyut nadi perekonomian kembali hidup.

"Kesamaan pandang bank bjb sebagai bank daerah dengan pemerintah daerah melalui upaya perkuatan pelaku UMKM merupakan salah satu modal bagi pencapaian pembangunan ekonomi. Melalui program PEN, yang mana bank bjb menjadi salah satu bank yang dipercaya untuk menjalankan program tersebut, maka bank bjb terus berupaya agar program ini bisa mencapai keberhasilan," kata Widi.


Lewat kesepakatan ini, bank bjb akan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para pelaku UMKM yang terdata di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor untuk memperoleh fasilitas kredit. Seiring dengan itu, bank bjb juga akan melaksanakan program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) yang merupakan salah satu program unggulan dari bank bjb.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi menilai peningkatan kapasitas pelaku UMKM ini merupakan salah satu instrumen penting dalam mewujudkan pembangunan daerah. Untuk mendorong hal itu, bank bjb telah menyiapkan produk produk pinjaman bervariasi sesuai dengan kebutuhan UMKM serta program peningkatan kompetensi melalui UMKM melalui PESAT.

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan para pelaku UMKM di kabupaten Bogor memiliki kesempatan untuk menikmati produk dan layanan unggulan bank bjb dalam rangka menumbuh kembangkan usahanya terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Langkah ini juga sejalan dengan Kebijakan Pemkab Bogor Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat untuk terus mendorong kemajuan sektor UMKM khususnya melalui program PEN.

Sinergi antara bank bjb dan Dinas Koperasi dan UMKM ini mendapat respon positif dari bupati Bogor. Dalam sambutannya, Ade Yasin menegaskan bahwa keberpihakan bank bjb pada pembangunan daerah terlihat sangat nyata. Bupati juga mengajak semua pihak untuk memanfaatkan layanan bank bjb agar dapat memperoleh manfaat yang optimal. ***