.

Walikota Bandung Oded Nyatakan Siap Menjadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19


Walikota Bandung, Oded M Danial

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,--Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kota Bandung sekaligus Walikota Bandung, Oded M Danial menyatakan, kesiapannya menjadi relawan uji klinis vaksin covid-19 yang dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad).

Namun, ia mengaku belum mendaftarkan diri secara resmi kepada pihak penyelenggara uji vaksin.
"Untuk yang namanya kepentingan bersama dan nasional dan internasional saya siap Insyallah," kata Oded dalam HUT ke-75 RI, di Balai Kota Bandung jalan Wastukencana no 2  Senin (17/08/2020).

Mang Oded sapaan akrab pria berkacamata ini mengaku belum mendaftarakan diri kepada pihak panitia. Namun ke depan,siap insyallah Oded mengaku akan segera mendaftarkan diri mengikuti uji vaksin Covid-19,tuturnya.

Sebelumnya, Penyuntikan vaksin Covid-19 di Kota Bandung sudah dimulai. Puluhan relawan masuk dalam gelombang pertama yang terbagi di empat puskesmas Kota Bandung.

Keempat puskesmas tersebut yakni Puskesmas Garuda, Dago, Ciumbuleuit dan Puskesmas Sukapakir.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita menuturkan setelah penyuntikan pertama, relawan akan kembali datang pada visit kedua atau V2 pada 25 Agustus mendatang.
 
“Dua minggu lagi visit 3 dan enam bulan kemudian baru visit 4. Setlelah itu selesai,” kata Rita.
 
Apabila pengujian vaksin berjalan lancar, Rita mengungkapkan, vaksin akan segera diproduksi massal dan bisa diberikan kepada masyarakat.


Tim penelitian uji klinis vaksin Covid-19, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) mengungkapkan jumlah pendaftar relawan uji klinis vaksin covid-19 melebihi target. Oleh karena itu, pendaftaran yang dibuka hingga 31 Agustus ditutup lebih cepat.

Juru bicara uji klinis vaksin covid-19, dr Rodman Tarigan mengatakan jumlah pendaftar minggu sudah mencapai 1.866 orang. Menurutnya, animo masyarakat untuk mendaftar sebagai relawan tinggi. 

"Data hari ini sudah 1.866 (calon) relawan. Animo masyarakat tinggi, ahamdulillah," ujarnya.
Ia berharap jumlah calon relawan tersebut terdapat sebanyak 1.620 orang yang bisa sesuai kriteria dan persyaratan yang dibutuhkan. Sehingga katanya, pendaftaran akan ditutup lebih cepat.(Rie/Red)