.

bank bjb Serahkan KUR Sektor Perikanan kepada Nelayan Pesisir Cirebon!


CIREBON.LENTERAJABAR.COM, – bank bjb terus melakukan langkah proaktif dalam menjalankan tugas yang diamanatkan pemerintah guna membantu proses percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Langkah tersebut salah satunya dilakukan melalui penyaluran pembiayaan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).


Bertempat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon pada hari Senin (10/8/2020), bank bjb menyerahkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor perikanan senilai Rp70 juta kepada nelayan di pesisir Cirebon.

Penyerahan tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Manager Komersial bank bjb KC Cirebon Andri Risnandar, Manager Sentra UMKM bank bjb Wilayah III Cirebon Foura Devinti Trisnasih, Sub Branch Manager bank bjb Kantor Cabang Pembantu (KCP) Perumnas Syarifudin, Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati, dan sejumlah anggota Komisi IV DPR RI.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan pembiayaan ini merupakan bagian dari strategi stimulasi perekonomian masyarakat untuk mempercepat pemulihan dampak ekonomi COVID-19. Para nelayan yang menjadi pemasok utama untuk kebutuhan ikan masyarakat Indonesia ini ikut terdampak lesunya ekonomi akibat pandemi.

"Para nelayan ini memiliki peran penting sebagai tulang punggung ekonomi konsumsi di Indonesia. Mereka adalah salah pahlawan, yang ikut menjaga kedaulatan dan ketahanan pangan bangsa. Lewat pembiayaan ini, bank bjb ingin menunjukkan keberpihakan dan upayanya untuk turut serta berkontribusi menopang fondasi usaha masyarakat yang selama ini telah bekerja dan berkarya demi memajukan kesejahteraan," kata Widi.

Diharapkan distribusi pembiayaan dari bank bjb ini akan memberi dampak positif terutama untuk memperkuat fondasi permodalan sebagai salah satu kebutuhan dalam memperluas skala usaha. Diharapkan pula akan terjadi penguatan sinergi positif antara nelayan, pengusaha kapal ikan, dan pedagang ikan demi memudahkan langkah usaha masing-masing. ***