.

Yana Wawalkot Bandung: Peranan Semua Pihak di Tengah Pandemi Sangat Dibutuhkan

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada Kegiatan Bhakti Generasi Muda (GM) FKPPI Jabar.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, peran serta semua pihak dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19. Khususnya dalam membantu warga yang kesulitan ekonomi akibat wabah virus tersebut. 

"Maka kami berharap semua pihak yang memiliki rezeki lebih, dapat ikut membantu warga yang terdampak pandemi ini," ujar Yana pada Kegiatan Bhakti Generasi Muda (GM) FKPPI Jabar Tahap II, di Kantor Kecamatan Sumur Bandung, Jln. Lombok, Kota Bandung, Jumat (15/5/2020). 

Diakuinya, pemerintah tidak bisa berdiri sendiri dalam menghadapi pandemi yang memberikan dampak kepada berbagai sektor di Kota Bandung. "Dengan partisipasi dari berbagai pihak, termasuk dari GM FKPPI ditengah pandemi ini, dapat menjadi ladang amal dan trigger bagi kelompok lain untuk ikut membantu masyarakat," ujarnya. 

Yana mengatakan, sebagai salah satu orang yang pernah terpapar Covid-19, ia merasakan langsung bagaimana melawan virus dengan tingkat penyebaran yang cukup tinggi tersebut. "Masyarakat harus tetap mengikuti protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19, karena dikhawatirkan adanya gelombang kedua yang lebih besar," imbuhnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Daerah GM FKPPI Jawa Barat, Vera Hermawan menuturkan, pada tahap kedua ini, pihaknya menyalurkan 250 paket sembako dan pangan ke dua kecamatan di Kota Bandung. "Bantuan ini difokuskan ke Kota Bandung, dalam tahap dua ini yaitu di Kecamatan Sumur Bandung dan Kecamatan Batununggal," katanya. 

Ia menjelaskan, pada tahap pertama, pihaknya membagikan ribuan masker yang tersebar disejumlah titik di Jawa Barat. Langkah ini sebagai bentuk edukasi dan pencegahan awal dari penyebaran virus Covid-19. 

Sementara itu, untuk bantuan tahap ketiga, pihaknya akan memfokuskan pada kawasan zona merah, karena dinilai masyarakat di wilayah ini, benar-benar terdampak secara ekonomi akibat wabah yang terjadi. Rencananya, pada tahap ketiga akan disalurkan 500 paket sembako. 

"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat, prinsipnya kami berupaya jangan sampai ada masyarakat yang tidak bisa makan karena tidak mampu membeli beras," pungkasnya.(Red/Ril)