Notification

×

Iklan

Iklan

Imbas Wabah Corona, Penerimaan PDAM Tirtawening Turun Drastis

Jumat, 01 Mei 2020 | 10:41 WIB Last Updated 2020-05-20T03:44:07Z
Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi
BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,- Mewabahnya virus corona di Indonesia tentu saja berimbas kepada berbagai sektor.Salah satu sektor yang paling merana akibat pandemi Covid-19 ini adalah sektor ekonomi.
Hal tersebut juga di alami PDAM Tirtawening Kota Bandung.kondisi perusahaan saat ini masih belum stabil, pihaknya baru saja mengalami penurunan income.
Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi, mengungkapkan,oleh karena itu,pihaknya belum bisa memberikan keringanan pembayaran kepada pelanggan, walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.
Lebih lanjut dikatakan Sonny, pada 2019 lalu pendapatan PDAM menurun sekitar Rp15 miliar dalam setahun karena panjangnya musim kemarau.
Padahal, banyak sekali pengeluaran yang tidak bisa dipangkas. Seperti gaji pegawai dan biaya operasional.
“Meskipun pendapatan turun, kita kan tidak mungkin mengurangi kualitas air ke pelanggan,” ucap Sonny kepada wartawan.
Sonny menyampaikan, dalam kondisi normal, pihaknya bisa memperoleh penerimaan lebih dari Rp 200 miliar pertahun. “Tapi tahun lalu penerimaan kita tidak sampai Rp200 miliar,” katanya.
Sekarang, di tengah pandemi Covid-19, Sonny memprediksi penerimaan akan kembali turun. Mengingat ekonomi masyarakat yang juga pasti mengalami penurunan.
“Masyarakat mungkin saja tidak membayar penuh atau bahkan menunda pembayaran tagihan,” imbuhnya.
Sonny juga mengaku banyak menerima pengajuan penangguhan pembayaran tagihan dari pengusaha.
“Para pengusaha hotel, restoran dan tempat hiburan banyak yang meminta penangguhan pembayaran. Tapi untuk sekarang belum bisa kami berikan,” urainya.
Kompensasi kepada masyarakat yang bisa diberikan oleh PDAM, sejauh ini hanya penghapusan denda dan pemberian pelayanan maksimal.
“Kami berusaha tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Misalnya dengan tetap ada perbaikan jika ada kerusakan, karena perbaikan pipa PDAM kan tidak bisa diperbaiki secara online,” katanya.
Untuk itu,Ia berharap masyarakat bisa mengerti kondisi PDAM sekarang. Namun, PDAM apapun kondisinya, dikatakannya, tetap akan mengupayakan pelayanan agar tidak terganggu,pungkas Sonny.(Rie/Red)
×
Berita Terbaru Update