.

Legislator Berharap Sekda Baru Dapat Menjembatani Komunikasi Antara Eksekutif dan Legislatif

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat melantik sekda Setiawan Wangsaatmaja,disaksikan Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat dan Wakil Ketua Ineu Purwadewi Sundari.
BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil resmi melantik Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar definitif di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (14/2/2020). 

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 31/TPA Tanggal 30 Januari 2020 Tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Surat keputusan tersebut diterima Pemda Provinsi Jabar pada 11 Februari 2020. 

"Atas nama pribadi dan jajaran, tentulah saya menghaturkan selamat atas pelantikan," kata Kang Emil --demikian Ridwan Kamil disapa.

Dalam sambutannya, Kang Emil menegaskan bahwa proses seleksi Sekda Jabar sudah melalui prosedur yang sesuai dengan regulasi. Menurut dia, keputusan akhir terkait proses seleksi Sekda Jabar diambil oleh Presiden RI.

"Artinya, semua yang ikut seleksi (Sekda Jabar) merupakan orang-orang terbaik. Yang terbaik itu sudah dipilih Presiden," ucapnya.

Ditempat yang sama beberapa legislator saat diminta tanggapan dengan dilantiknya sekda definitif Pemdaprov Jabar.

Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat menyatakan bahwa Setiawan Wangsaatmaja mempunyai kapabilitas yang mumpuni sebagai Sekda Jabar. "Beliau juga bukan orang baru disini, beliau juga ditunjuk langsung Pak Presiden. Saya kira beliau sudah mumpuni," kata politisi dari partai Gerindra ini .
Ketua  Fraksi PKB DPRD Provinsi Jawa Barat, Sidkon Djampi(tengah) diapit Setiawan Wangsaatmaja (kiri) dan Daud Ahmad (kanan)
Ketua  Fraksi PKB DPRD Provinsi Jawa Barat, Sidkon Djampi berharap Setiawan Wangsaatmaja dapat mengemban tugasnya dengan baik sebagai sekertaris daerah (Sekda).Setiawan harus dapat membantu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dalam melaksanakan tugasnya.

“Saya harapkan Sekda yang baru ini, bisa melakukan tugas dan perannya, untuk melaksanakan tugas kepala daerah dalam rangka mempercepat pelayanan kepada masyarakat, maupun pembangunan di Provinsi Jawa Barat,” ujarnya. 

Harapan tersebut, juga menjadi keyakinan Sidkon, yang juga politisi PKB terhadap Sekda yang baru ini, sebab pak Iwan ini (panggilan akrab Setiawan) sosok pengabdi. "Beliau sudah cukup lama mengabdi di Pemprov Jawa Barat, menguasai betul persoalan Jawa Barat. Saya berharap beliau jadi partner pak Gubernur Ridwan Kami. Lebih dari itu, saya yakin, pak Iwan ini bisa menjembatani komunikasi antara eksekutif dan legeslatif. Apalagi beliau ini cukup komunikatif," katanya. 

"Saya yakin sosok pak Iwan, dengan pengalama yang dimilikinya, juga jejak rekamnya yang juga baik, akan menjadi modal dasar yang kuat untuk membantu Gubernur, dalam mempercepat pembangunan di Jabar. Beliau juga orang yang bersih.” ungkapnya.

Untuk itu, sebagai Ketua fraksi PKB DPRD Jabar, Sidkon mengucapkan selamat atas dilantikanya Setiawan Wangsaatmadja sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, yang baru. Sidkon juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pak Daud Ahmad yang telah menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Jawa Barat dengan baik. "Semoga tugas-tugas yang telah dilaksanakan pak Daud, menjadi ladang amal ibadah bagi beliau,"pungkasnya.

Sedangkan, Setiawan menegaskan bahwa dirinya siap menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai Sekda Jabar. Dia juga menyatakan kesiapannya untuk mengakselerasi reformasi birokrasi di lingkungan Pemda Provinsi Jabar. 

"Bagaimana penyederhanaan, reformasi birokrasi dijalankan di Jawa Barat. Akhirannya ini sebenernya adalah pelayanan publik kita lebih baik," kata Setiawan.(Rie/Red)