.

Disdik Jabar Fokus Pada 7 Program Unggulan Wujudkan " Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi”

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Pemerintah Daerah Provinsi(Pemdaprov) Jawa Barat memiliki komitemen untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Jawa Barat (Jabar).

Melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar,tahun ini fokus pada tujuh program unggulan yang sesuai dengan visi Jawa Barat, yakni mewujudkan “Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi”.

Demikian hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika  dalam kegiatan Forum Perangkat Daerah Bidang Pendidikan Tahun 2020 di El Hotel Royale, Jln. Merdeka No. 2, Kota Bandung, Rabu (19/2/2020).

Tujuh program unggulan tersebut, yakni Iuran Bulanan Peserta Didik (IBPD), Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU), Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), Jabar Masagi, Beasiswa Jabar Future Leaders (JFL), Sekolah Terintegrasi Satu Atap, dan Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan.

Kadisdik menyatakan, semua program pendidikan bermuara dari program-program yang ada di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pemangunan dan Keuangan Daerah. Selain itu, perlu juga menyikapi Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Jadi, beberapa program yang dahulunya tidak ada, sekarang ada. Di Tahun 2019, kita sudah mulai melakukan penyelarasan,” ujar Kadisdik.

Selain itu, lanjut Kadisdik, program pendidikan akan terus memerlukan penyelarasan dan penyesuaian. Sehingga, program pendidikan di tahun 2021 akan mengalami perubahan cukup signifikan. Ini juga akan berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pengawas, kepala sekolah, guru serta tenaga kependidikan.***