Notification

×

Iklan

Iklan

Legislator Minta Pemerintah Penanganan Banjir Kabupaten Bandung Komprehensif

Senin, 27 Januari 2020 | 16:29 WIB Last Updated 2020-01-28T03:32:46Z
Caption : Anggota Komisi IV DPRD Jabar,Jajang Rohana
BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,- Jajang Rohana wakil rakyat daerah pemilihan Jawa Barat II Kabupaten Bandung yang juga anggota Komisi IV DPRD Jabar,mengatakan keberadaan terowongan Curug Jompong bukan solusi utama atau satu-satunya solusi untuk mengatasi banjir yang menerjang wilayah Bandung Selatan (Kabupaten Bandung).

Menurut Politisi dari PKS ini,setidaknya ada dua langkah utama yang harus direaliasikan oleh pemerintah untuk mengatasi banjir yang diakibatkan luapan air dari Sungai Citarum yakni ;
Langkah pertama rekayasa teknis seperti memperlebar sungai dan membuat jalur baru seperti Curug Jompong.

Langkah yang kedua ialah rekayasa sosial yang dimulai dari hulu Sungai Citarum yakni dari Kawasan Cisanti, Kabupaten Bandung.

Adapun rekayasa sosial tersebut meliputi bagaimana mengamankan DAS Citarum dan mengurangi sedimen di Sungai Citarum.. Banjir di Kabupaten Bandung harus diselesaikan dengan cara multisektoral,kata Jajang Rohana kepada media, di Bandung, Senin(27/1/2020).

Ditambahkan politisi partai berlambang bulan sabit kembar ini berdasarkan informasi yang diterima Komisi IV DPRD Jawa Barat pembangunan terowongan Curug Jompong hingga saat ini masih belum selesai semua,tutur legislator senior PKS yang juga Ketua DPD Kabupaten Bandung ini.

"Kita juga sempat mempertanyakan efektivitas Curug Jompong untuk mengatasi banjir. Katanya itu untuk mempercepat genangan air agar cepat surut saat banjir terjadi. Tapi kan ini pembangunannya belum selesai. Makanya dalam waktu dekat ini kami akan meninjau langsung Curug Jompong," pungkas mantan wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung ini.(Rie/Red)
×
Berita Terbaru Update