.

BPBD Jabar Masif Berikan Bantuan Pada Korban Terdampak Banjir

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Tingginya curah hujan diawal tahun 2020 di beberapa daerah di Jawa Barat beberapa waktu yang lalu.

Hal tersebut berdampak bencana banjir di sejumlah titik di Jabar, seperti di Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, serta Kabupaten Karawang.

Menyikapi hal tersebut dalam upaya penanganan bencana di Jabar humas pemprov mengupas hal tersebut dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) ke-58 dengan tema Eksisting dan Penanggulangan Bencana di Jabar berempat di Lobby Lokantara Gedung Sate Jalan Diponegoro no 22 Kota Bandung.Jumat, 3 Januari 2020 .

Kepala bidang (kabid) Kedarurataan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Jabar, Didi Adji Siddik mengatakan , pihaknya terus menyalurkan logistik. Kebutuhan makanan siap saji jadi yang paling urgent bagi para korban, jelasnya.

Menurut Didi yang terpenting terpenuhinya kebutuhan dasar terkait logistik, seperti makanan siap saji yang cukup urgent bagi para korban. Termasuk untuk pembersih rumah karena banjir,tuturnya. 

Ditambahkanya , logistik tersebut didistribusikan kepada BPBD kota/kabupaten yang terdampak banjir. Beberapa di antaranya kepada wilayah yang mengalami banjir cukup parah, seperti Bekasi dan Bogor,paparnya.

Dikatakannya, makanan siap saji atau instan yang disediakan dari pusat, memiliki kebijakan dengan masa kedaluarsa satu tahun. Dengan demikian, ketika terjadi bencana maka secepatnya dibagikan kepada yang membutuhkan.

"Kalau yang memiliki masa kedaluarsa lebih dari satu tahun, dikhawatirkan mengandung bahan pengawet yang cukup banyak," katanya.

Diakuinya, distribusi logistik dari pusat mengalami penurunan jumlah setiap tahunnya. Hal itu seiring dengan terjadinya kejadian bencana pada sejumlah daerah di Indonesia.

"Logistik kami berasal dari dua sumber, yakni APBD dan APBN. Dari BNPB pada tahun 2016 sekitar 12 truk, lalu turun pada 2017 menjadi 2 truk demikian juga dengan 2018. Karena kesedot untuk bantuan bencana Palu dan Lombok kemarin," jelasnya.

Walau demikian, pihaknya memastikan jika ketersediaan logistik untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, serta Kabupaten Karawang, dapat tercukupi.

"Sampai sekarang masih bisa tercukupi, karena anggaran dari APBD-nya bertambah," pungkasnya.

Pada acara  JAPRI ke-58 ini juga menbahas beberapa hal dengan menghadirkan narasumber sebagai berikut ;1. Kabid Pengelolaan Arsip Statis Dispusipda Prov Jabar, Saepulloh, A.Ks., MM.Pd
2.Kabid Energi Dinas ESDM Prov Jabar, Slamet Mulyanto, ST., MT
3. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Prov Jabar, Drg. Juanita PF, MKM.
4.Ketua Harian Jabar Quick Response, Hanief Mochammad
5. Sekretaris Dinsos Prov. Jabar, Barnas Adjudin
6. Kadiv Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Tri Yanto. (Rie/Red)