Notification

×

Iklan

Iklan

Pelajar di Jabar Bisa Menjadi Garda Terdepan Pencegahan Radikalisme

Rabu, 11 Desember 2019 | 17:07 WIB Last Updated 2019-12-11T10:07:10Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, penguatan nilai-nilai keagamaan, akhlak, dan nilai Pancasila bagi pelajar dapat menjadi garda terdepan dalam pencegahan radikalisme.

Uu pun berkali-kali menegaskan bahwa radikalisme merupakan hal yang berbahaya dalam Workshop Anti Radikalisme SMA/SMK/MA/SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, di Aula SMAN 27 Kota Bandung, Rabu (11/12/19).

Di acara yang diikuti sekira 550 siswa/ siswi dari 250 sekolah juga 96 kepala sekolah, 50 guru PAI dan pengawas sekolah ini, Uu juga mendorong agar pihak sekolah atau satuan pendidikan di Jabar bisa mengimplementasikan nilai-nilai pencegahan paham radikalisme kepada peserta didik.

"Mari kita belajar agama. Juga dengan patriotisme, para pelajar atau generasi muda Jabar harus mempertahankan dasar negara Indonesia," kata Uu.

Uu menambahkan, kondusivitas pun diperlukan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia menjadi negara adidaya di 100 tahun setelah kemerdekaan atau pada 2045.

Menurut Uu, dengan kondusivitas maka setiap warga akan produktif dan meraih kesejahteraan sesuai dengan usahanya masing-masing sehingga potensi baik Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) dapat termanfaatkan dengan maksimal.

Uu pun mengajak para pelajar untuk melihat kembali sejarah Indonesia yang lahir melalui kesepakatan dan musyawarah bangsa.

“Apa yang disepakati? Yaitu dasar negara Pancasila. Maka, Pancasila jangan diganggu gugat, karena ini adalah hasil kesepatakan bersama,” ucap Uu.

Untuk itu Uu mengajak semua elemen bangsa untuk berkomitmen menjaga empat pilar Indonesia yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Uu juga berpesan agar para pelajar tidak mudah terbawa kelompok-kelompok yang memberikan pemahaman yang tidak biasa atau di luar nalar keseharian. Terakhir, Uu membagikan empat syarat untuk meraih kesuksesan kepada para pelajar.

"Catat pesan Pak Uu! Adik- adik, untuk meraih kesuksesan ada empat syaratnya. Satu menguasai teknologi, dua mampu berkomunikasi, harus bisa menyampaikan gagasan. Tiga, harus mampu berkolaborasi. Empat harus mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan," ujarnya mengakhiri.
 Pemulihan KBU, Perlu Pendekatan Multidimensi.(Rel/Rie)  


×
Berita Terbaru Update