.

Hajat Huluwotan 2019 Jadi Momentum Gerakan Tanam Sejuta Pohon Bambu

KAB.BANDUNG,,LENTERAJABAR.COM,- Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Lina Marlina Ruzhan menghadiri acara Napak Tilas Hajat Huluwotan Tahun 2019 di Lapangan Kampung Gambung, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jumat (6/12/19).

Acara rutin tahunan ini merupakan tradisi syukuran akan berkah air dengan rangkaian acara berupa upacara ritual pembersihan mata air di kaki gunung Desa Mekarsari, penanaman pohon, serta pentas seni masyarakat Kampung Gambung.

Dalam gelaran Hajat Huluwotan yang diprakarsai oleh Yayasan Bambu Juara, tema yang diusung tahun ini adalah 'Bersyukur Atas Berkah Air: Lestarikan Sumber Air dan Hemat Pemanfaatannya'.

Dalam sambutannya, Lina sangat mengapresiasi tradisi lokal ini. Menurutnya, sumber air yang melimpah di Desa Mekarsari patut disyukuri melalui berbagai cara, salah satunya melalui pentas seni yang sekaligus menjadi momen untuk mempertahankan adat tradisi.

"Air dari Desa Mekarsari mengalir hingga bisa menghidupi desa-desa lainnya, ini salah satu yang patut disyukuri. Cara bersyukur ada macam-macam, memberikan kebahagiaan kepada masyarakat juga menjadi bentuk syukur," ujar Lina.

Lebih lanjut, Lina mengatakan bahwa Yayasan Bambu Juara dalam hajat tahun ini juga akan mengedukasi masyarakat untuk mengolah bambu sekaligus melestarikan tanaman bambu.

Lina pun mengimbau agar masyarakat tidak hanya memanen bambu, tetapi juga harus menanamnya kembali agar ketersediaan tanaman bambu tetap terjaga.

"Yayasan Bambu Juara akan memberikan edukasi dan pelatihan bagaimana mengolah bambu, supaya kehidupan ekonomi masyarakat Desa Mekarsari bisa terbantu," tutur Lina.

"Tidak hanya mengolah, Yayasan Bambu Juara juga akan mengedukasi penanaman kembali pohon bambunya. Jangan hanya mau ngambil hasilnya saja, tapi harus tanam lagi agar bambu terus terjaga, karena bambu juga mempertahankan ketersediaan air tanah," tambahnya.

Kepala Desa Mekarsari Ferry Januar sementara itu bersyukur karena Desa Mekarsari dipilih oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai pelopor penanaman pohon bambu.

Ferry menegaskan bahwa pihaknya beserta seluruh komponen masyarakat Desa Mekarsari siap menyukseskan visi Jabar Juara melalui pembangunan desa yang mandiri.

"Tahun ini syukuran berkah air kita disertai dengan program penanaman sejuta pohon bambu yang dipelopori oleh Desa Mekarsari ini, dipilih langsung oleh Gubernur," ucap Ferry dengan bangganya.

"Banyak sekali potensi yang dimiliki Desa Mekarsari, semoga sekarang setelah ditambah edukasi pengolahan bambu, desa kami akan siap menjadi Desa Mandiri untuk Jabar Juara," tegasnya.(Rel/Red)