Notification

×

Iklan

Iklan

Diskar PB : Sepanjang 2019,Sebabyak 121 Bangunan Terbakar

Kamis, 26 Desember 2019 | 16:50 WIB Last Updated 2019-12-26T23:53:06Z
BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,- Kepala  Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana mengungkapkan  pihaknya menangani sebanyak 199 kasus kebakaran hingga 23 Desember lalu. Dari jumlah tersebut, sebanyak 121 kasus kebakaran bangunan, 69 kebakaran semak atau alang-alang dan sisanya penanganan kebakaran di luar Kota Bandung.

Kerugian materil akibat kebakaran diperkirakan mencapai Rp44.363.700.000. Namun dengan pemadaman yang dilaksanakan petugas, Diskar PB berhasil menyelamatkan material senilai Rp810.790.534.400.

“Diskar PB mengimbau warga untuk lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam membuat instalasi listrik dan memerhatikan keamanan kompor,” imbau Kepala Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana, Kamis (26/12/2019).

Dadang mengungkapkan, penyebab kebakaran dominan karena kelalaian manusia, mulai dari kompor dan kemudian listrik. Menurutnya, pemahaman masyarakat dalam melakukan tindakan pertama penanganan kebakaran juga masih sangat kurang. Sehingga, alih-alih memadamkan "si jago merah" namun tak jarang malah membuat api semakin besar.

Di samping itu, sambung Dadang, kecepatan masyarakat dalam melaporkan insiden kebakaran juga turut berpengaruh. Waktu pembuatan laporan ini sangat berharga bagi petugas Diskar PB. Petugas berharap bisa mendapatkan informasi secepat mungkin sebelum api menjalar lebih besar.

Menurutnya, situasi dan kondisi di lokasi terjadinya insiden kebakaran kerap menghambat proses pemadaman. Di antaranya, situasi lalulintas Kota Bandung yang semakin ramai ataupun titik kebakaraan berada di tengah pemukiman padat sehingga aksesnya sulit dijangkau.

Dadang tidak memungkiri, sejumlah peralatan para petugas Diskar PB ini perlu diperbaharui. Diskar PB juga harus terus mengasah dan mematangkan kemampuan petugas dalam penanganan api. Termasuk penambahan jumlah personel.

“Kendala paling besar juga paling faktor di lapangan karena Bandung ini sangat padat lalullintasnya. Kemudian juga sarana dan prasarana masih terbatas, kemudian faktor SDM (Sumber Daya Manusia),” jelasnya.

Oleh karenanya, di tahun 2020 Dadang berharap Diskar PB bisa terus menggenjot peningkatan SDM petugas. Baik secara kuantitas menambah personel, ataupun dari sisi kualitas untuk membuat petugas semakin mahir memadamkan "si jago merah".

“Tahun depan kita akan tingkatkan kualitas, cara pemadaman, pelatihan dan segala macam,” pungakasnya.(Rel/Rie)
×
Berita Terbaru Update