.

Walikota Bandung Laksanakan Sholat Gerhana Matahari Bersama Ratusan Masyarakat di Masjid Al-Ukhuwah

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Wali Kota Bandung, Oded M. Danial melaksanakan shalat gerhana matahari di Masjid Al-Ukhuwah, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Kamis (26/12/2019). Mereka telah memadati masjid sejak pukul 11.30 WIB.

Ibadah diawali dengan salat zuhur berjemaah yang diimami oleh imam Ustaz Sa'ud Effendi. Setelah itu imam menjelaskan tata cara salat sunat gerhana sesuai dengan kaidah fiqih. Imam pun melanjutkan memimpin salat sunat gerhana matahari atau dikenal dengan salat kusuf.

Rangkaian ibadah dilanjutkan dengan khutbah yang wajib didengarkan oleh para jamaah. Pada khutbah tersebut imam menjelaskan gerhana sebagai sebuah peristiwa alam, bukan sesuatu hal yang berkaitan dengan kehidupan, kematian, atau peristiwa tertentu lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengimbau masjid-masjid di Kota Bandung, untuk melaksanakan salah sunat gerhana matahari. Sehingga tidak hanya dilaksanakan di Masjid Al-Ukhuwah saja, tetapi juga dilakukan di masjid-masjid se-Kota Bandung, baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

"Kita menyerahkan semuanya kepada masjid-masjid di Kota Bandung, jadi bukan kepada ASN saja. Karena ini jarang terjadi dan merupakan bagian dari pencipta, maka kita harus bersyukur," ungkapnya.

Menurutnya, warga juga diharapkan untuk turut melaksanakan amal-amal yang dianjurkan saat terjadi gerhana, yaitu berzikir dan bersedekah. Sehingga Kota Bandung mendapat keberkahan dari pencipta.

"Ketika terjadi gerhana bulan atau mataharikita dianjurkan untuk bertakbir. Mudah-mudahan dengan bersama-sama ke masjid ini menjadi bagian dari bentuk syukur dan ketaatan kita kepada Allah. Semoga keberkahan turun di Kota Bandung," tuturnya.

Disinggung terkait pergantian tahun baru, lanjutnya, pihaknya mengimbau masyarakat untuk bermuhasabah diri dan menjauhi hal-hal yang dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

"Momentum pergantian tahun baru, kita himbau masyarakat bermusabah diri, dan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengandung atau berpotensi masalah," ucapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama datang ke masjid bermuhasabah dalam pergantian tahun baru. Terutama melakukan introspeksi diri, baik tahun sebelumnya, saat ini dan yang akan datang.

"Di sini ada, insya Allah malam tahun baru mempersiapkan diri muhasabah. Prinsipnya di momen ini, diharapkan semua menahan diri agar tidak ada peluang-peluang, terjadinya hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Seperti diketahui, beberapa daerah di Indonesia bisa menyaksikan gerhana matahari cincin, salah satunya di Kota Bandung. Namun, dari Kota Bandung, matahari hanya terlihat tertutup 76,4% saja pada puncak gerhana pukul 12.38 WIB.(Rel/Rie)