Notification

×

Iklan

Iklan

Pemprov Jabar Luncurkan 262 Agenda Festival 2019

Rabu, 26 Juni 2019 | 14:08 WIB Last Updated 2019-06-26T07:08:04Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan program West Java Calendar of Event 2019 atau Kalender Acara Jawa Barat 2019. Hal ini dilakukan guna mencapai target peningkatan kunjungan wisatawan 2019-2023.

Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil menilai, pariwisata merupakan lokomotif ekonomi di Jabar. Sebab, manfaatnya dapat terasa oleh semua kalangan, dari mulai konglomerat hingga tukang parkir sekalipun,tutur Emil sapaan akrab pria berkacamata ini,Rabu (26/6).

Lebih lanjut dikatakan Emil,makanya saya bilang kalau mau ditanya dimana ekonomi pancasila, pariwisata adalah studi kasus yang paling ideal,tuturnya seraya mengatakan ada ratusan agenda mulai dari budaya hingga kuliner yang akan digelar.

Menurutnya namun setelah melalui tahap kurasi maka dipilah berdasarkan skala profesional yang dapat melibatkan masyarakat dan berdampak secara ekonomi dengan optimal. Akhirnya jatuhlah di sekitar 262 acara,jelas Emil.

Selain itu, pihaknya ingin mendorong Jabar sebagai provinsi pariwisata yang unggul dari sisi keindahan alamnya dan juga kreatifitasnya. Terkait kreatifitas, dapat dilalui melalui gelaran festival.

"Sebanyak 262 itu setiap dua hari minimal ada satu atau dua festival. Menandakan produktifitas. Karena festival itu kan hiburan ya. Sehingga orang ingin menampilkan sisi budaya, sisi kreatifitasnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufiq mengatakan, pihaknya menargetkan 4,8 juta wisatawan Nusantara (wisnus) dan 1,8 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019 ini. Sedangkan untuk Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di angka Rp 43,5 triliun, meningkat secara bertahap hingga 2023.

Adapun 262 festival yang akan digelar tersebut, kata Dedi, merupakan upaya untuk mengejar target tersebut.

"Sebetulnya ada 400 event tapi kita lihat mana yang skala lokal mana yang skala nasional. Yang mana yang lokal adalah tingkatan provinsi, kita angkat 262 ini yang mempunyai nilai strategis," kata Dedi.

Menurut Dedi, dari 262 angka tersebut sebanyak 35 event di antaranya diselenggarakan di Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan Depok. Sementara 14 event diselenggarakan di Purwakarta, Subang, Karawang, dan Bekasi.

Adapun sebanyak 66 event diselenggarakan di Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu. Sisanya sebanyak 147 event digelar di Bandung Raya dan Priangan Timur.

Dikatakan Dedi, untuk tahun ini sedikitnya terdapat enam event di Jawa Barat yang juga masuk dalam 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event 2019, yakni Asia Afrika Festival, Mizan Al Sufi, Pesona Budaya Garut, Ciletuh Geopark Festival, Tour de Linggarjati, dan Festival Budaya Cirebon.

"Tahun ini adalah pertama kalinya West Java Calendar of Event diluncurkan. Sebagai upaya penguatan daya tarik wisata sebagai bagian dari upaya pencapaian target kinerja pariwisata Jabar," pungkasnya.(Rel/Red)
×
Berita Terbaru Update