Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir Bandang Cilengkrang, Ini Pesan Gubernur Emil Pada Bupati Bandung

Senin, 11 Februari 2019 | 18:18 WIB Last Updated 2019-02-11T11:18:44Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Bupati Kabupaten Bandung Dadang Naser untuk melakukan pengecekan pola tanam kawasan hulu di wilayahnya. Itu menyusul banjir bandang yang terjadi di Jateendah, Cilengkrang,  Sabtu malam.

"Pada Pak Bupati tolong cek pola tanam di hulu, apakah ada pengaruh tipe berkebun yang mengakibatkan air tidak terkendali dengan baik," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (11/2/2018).

Menurut dia, bisa jadi banjir bandang tersebut terjadi sesuai dengan apa yang telah dianalisa oleh BMKG. Di mana ada momen-momen curah hujan ekstrim. Dengan begitu, infrastruktur eksisting pun tak mampu menahan kondisi. 

"Di samping itu saya minta tanggap darurat tetap dilaksanakan," ucapnya.

Emil -sapaan Ridwan Kamil- mengaku telah mendapatkan laporan, secara konstruksi tanggul yang jebol di Pasirjati, Cilengkrang, Kabupaten Bandung, memang kemungkinan ada problem. Pasalnya struktur tanggul tidak menggunakan tulang sehingga mudah tergerus air. Dia katakan, saat ini sedang diselediki oleh kepolisian.

"Masalah di Jabar kan berjenjang diberesi dulu oleh bupati atau walikota kalau enggak bisa baru ke provinsi. Jadi enggak bisa sedikit-sedikit ke level provinsi," pungkasnya. (Ari/Red)
×
Berita Terbaru Update