Notification

×

Iklan

Iklan

Mang Oded Ingatkan Warga Bandung Tak Mudah Termakan Berita Hoax

Kamis, 09 Agustus 2018 | 15:56 WIB Last Updated 2018-08-09T08:56:33Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM-Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyatakan media berperan penting dalam melawan berita bohong atau hoax. Terlebih dalam tahun politik, yang rentan akan perbedaan dan perpecahan.

"Tentu dalam kontestasi politik baik Pemilihan Presiden maupun Legislatif, perlu menjadikan media sebagai sesuatu yang positif. Dalam menghadirkan persatuan bangsa yang solid," ungkapnya usai Deklarasi Anti-Hoax di kantor Ayo Media Network di Jln. Ters. Halimun no 50, Kota Bandung, Kamis (9/8).

Menurut Mang Oded sapaan pria ini mengimbau kepada masyarakat luas khususnya di Kota Bandung, agar lebih cermat dan cerdas dalam menerima informasi. Sehingga tidak mudah begitu saja mengambil sikap, dari berita-berita yang masih belum jelas kebenarannya.

Diakuinya dengan arus informasi yang begitu cepat, maka tidak jarang bermunculan berita negatif atau hoax. Dimana hal tersebut, perlu dilawan dengan bersikap kritis dan mencari sumber lain sebagai pembanding, dalam mencari informasi yang sebenarnya.

Dikatakanya dengan kemajuan teknologi khususnya dalam bidang informasi, tentu menjadi tantangan dari semua pihak agar tidak termakan berita hoax. Dimana perlu membudayakan untuk melakukan cek and recheck atau klarifikasi.

"Media bagaikan pisau bermata tajam, tapi manfaatnya tergantung bagaimana penggunaan. Bisa menjadi sesuatu yang positif atau negatif," kata Mang Oded.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Gun Gun Gunawan mengatakan bahwa berita hoax merupakan tantangan baik masyarakat dan pemerintah. Sehingga dibutuhkan peran media yang dapat mempertanggung jawabkan berita atau informasi yang disebarkannya.

Ia menilai dengan munculnya berita hoax maka dapat menimbulkan perpecahan dan pertikaian di masyarakat. Sehingga dibutuhkan respon cepat dalam mengantisipasi terjadinya hal tersebut.

Kendati demikian, Gun gun merasa bahwa masyarakat semakin cerdas dan pintar dalam menerima sebuah informasi. Sehingga tidak langsung menelan begitu saja informasi yang diterima, tetapi mencari kembali isu serupa di media atau portal berita lainnya.

"Saya yakin masyarakat sekarang sudah cerdas dan tahun mana berita yang benar atau tidak. Karena sudah bisa mencari sendiri dengan melihat di sumber atau situs yang bisa dipercaya," tambah Mang Oded.(Red/Hms)
×
Berita Terbaru Update