Notification

×

Iklan

Iklan

Kino Youth Innovator Award, Memotivasi Kaum Muda untuk Berani Berinovasi

Senin, 23 April 2018 | 13:24 WIB Last Updated 2018-04-23T06:24:54Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM-Memotivasi Kaum Muda untuk Berani Berinovasi,sejalan dengan visi untuk “Menjadi perusahaan ternama di Indonesia yang berlandaskan ide dan Inovasi, dan terus bergerak untuk menjadi perusahaan yang mendunia tanpa meningga/kan nilai-nilai Iokal,” PT. Kino Indonesia, Tbk, kembali menggelar Kino Youth Innovator Award
( KYIA) 2018.

Kompetisi tahunan ini bertujuan untuk memotivasi kaum muda agar kreatif dan berani berinovasi untuk memenangkan kompetisi di era pasar bebas ini.

M.Rahmat, Senior Manager Product mengatakan,“Kino Youth Innovator Award" diadakan berlatar belakang dari semangat inovasi yang telah dilakukan oleh PT. Kino Indonesia, Tbk (Kino) dalam setiap proses kerjanya. Semangat inovasi ini berhasil membuat Kino menjadi perusahaan Iokal yang dikenal di Indonesia, bahkan berhasil merambah ke dunia internasional,tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya untuk menularkan semangat inovasi itu, diadakanlah Kino Youth Innovator Award yang telah memasuki tahun ketiga,jelas Rahmat kepada peserta Innovative talkshow: Tomorrow’s Innovator; Embracing Challenges, Shaping The Future bertempat di Ruang Aula Timur, Institut Teknologi Bandung,Senin (23/4).

Rangakaian dari KYIA, Kino mengadakan Road to KYIA 2018, diadakan di 12 universitas di Indonesia, dua diantaranya Universitas Indonesia (13 April) dan Institut Teknologi Bandung (23 April). Selain penivakilan dari PT. Kino Indonesia, Tbk, talkshow ini menghadirkan Diaspora Indonesia, wadah orang Indonesia yang berkarya di Iuar negeri, yang diwakili oleh Mulya Amri, Urban Development & Public Policy Specialist, National University of Singapore (Universitas Indonesia) dan Aeren Wisudha, Vice President IIChair Indonesian Diaspora NetworijK and Rep. Ireland (Institut Teknologi Bandung).

Kino sadar betuI bahwa, dengan diberlakukannya MEA atau masyarakat ekonomi ASEAN, kompetisi dunia industri, ekonomi maupun tenaga kerja tentu saja akan semakin ketat. Pada era ini, akan terjadi aliran bebas barang, jasa dan tenaga kerja terlatih serta aliran investasi. “Diberlakukannya MEA ini justru menjadi tantangan dan peluang bagi bangsa Indonesia untuk memenangkan persaingan. Dan inovasilah kuncinya," jelas M. Rahmat Iagi.

KYIA pertama kaIi diadakan tahun 2016. Sebagai ajang kompetisi inovasi tahunan, KYIA menyasar ideide terbaru dari mahasiswa seluruh Indonesia. Bila di tahun 2016 mengangkat tema Build Up A Glocal Innovation, dan Advancing Indonesia Through Local Heritage di tahun 2017, tahun 2018 ini beltema Empower Life Through Nature. Melalui kompetisi ini, Kino kembali mengajak kaum muda untuk mengedepankan sumber daya Indonesia untuk memenangkan kompetisi pasar. “Glocal atau dari Iokal menuju global, memang menjadi titik berat kompetisi ini, karena kami yakin bahwa Indonesia kaya akan sumber daya Iokal, dan untuk menjadi pemenang, kita harus berani mengangkat apa yang ada di dalam, untuk dibawa keluar," cerita M. Rahmat kembali.


Talkshow ini membahas mengenai tantangan kompetisi global yang akan dialami oleh kaum muda mendatang. “Indonesia Iebih inovaiif daripada yang kita pikirkan, saat ini Indonesia berada pada indeks 3, di aias rata rata dari Global Competitiveness Index secara keseluruhan,” jelas Aeren Wisudha, Optimisme daya saing lndonensia ini, juga diungkapkan oleh M. Rahmat. Menurutnya, selama manusia Indonesia berani bednovasi dan mampu mengoptimalkan sumber daya Iokal Indonesia. maka indeks kompetisi Indonesia akan semakin meningkat.

Informasi mengenai Kino Youth innovator Award ini teiah disebar ke iebih dari 100 universitas seiuruh indonesia. “Kami berharap di tahun inl, peserta KYIA meningkat dibanding tahun sebeiumnya. Karena ajang ini sebenarnya adaiah tantangan dan toiak ukur apakah anak muda indonesia berani berinovasi dan mengoptimaikan diri menjadi sang innovator," tutup M. Rahmat.

Mengenai Kino Youth innovator

Kino Youth innovator Award (KY iA) merupakan kompetisi ideide terbaru dari generasi muda. Bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar berani berinovasi, menemukan sesuatu yang baru yang bermanfaat bagi masyarakat, kompetisi ini diadakan sebagai kompetisi tahunan yang diikuti oieh mahasiswa berbagai univeritas di indonesia.

Kino Youth innovator Award diadakan dalam berbagai tahapan, seperti campus roadshow, innovation submition, final defence challenge dan awarding. Di tahun 2018 ini, semua tahapan akan diiaksanakan muiai Februari hingga Agustus 2018.

Adapun kriteria yang akan menjadi peniiaian adaiah: 1. Original, dari ide sendiri, beium pernah diikutkan dalam kompetisi

2.Efektivitas inovasi, bagaimana penemuan tersebut dapat memecahkan masaiah atau menjawab kebu’tuhan masyarakat.

3. lnovasi tersebut harus dapat diaplikasikan dan diterima oieh pasar/ konsumen.

Kino Youth innovator Award dapat diikuti semua mahasiswa dari universitas di seiuruh indonesia. Untuk informasi iebih ianjut mengenai KY lA dapat diiihat pada www.kino.co.id/kino outhinnovator, atau account Instagram @kinoyouthid.(Red)
×
Berita Terbaru Update