Notification

×

Iklan

Iklan

DPRD Jabar Dukung Pembangunan Jalur Lingkar Subang

Jumat, 06 April 2018 | 15:20 WIB Last Updated 2018-04-06T08:21:15Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM-Pemerintah Provinsi Jawa Barat  berencana untuk membangun jalan lingkar Subang dalan upaya menekan angka kecelakaan di jalur Tanjakan Eman Ciater –Subang  yang selama ini banyak menelan korban jiwa.Rencana tersebut mendapat dukungan penuh dari DPRD Jabar.

Ketua DPRD Jabar, Inue Purwadewi Sundari mengatakan, ' pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi usulan rencana Pemprov Jabar melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) untuk membangun jalan Lingkar Subang tersebut kata politisi dari PDIP ini kepada wartawan di Bandung, Jum’at (6/4/2018). 

Lebih lanjut dikatakan Ineu,"Kita ingin perencanaan jalan lingkar Subang segera dapat direalisasikan pembangunan menginngat  sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa di Tanjakan Eman sudah cukup banyak nyawa melayang akibat kecelakaan lalu-lintas. Untuk itu, kita harapkan dengan selesainya pembangunan jalan Lingkar Subang, dapat meminimalisir angka kecelakaan lalu-lintas, sehingga berubah jadi tanjakan Aman,jelas legislator daerah pemilihan Subang-Majalengka- Subang ini.

Menurut Ineu beberapa waktu lalu,kita bersama Sekretaris Dewan dan pihak Dinas BMPR melakukan peninjau kondisi Tanjakan Aman-Subang, dilokasi / dilapangan kita berdiskusi, tentang rencana pembangunan jalan Lingkar Subang. Dari situ kita mencatat beberapa hal dan menjadi perhatian DPRD Jabar, terutama terkait cukup serinya kecelakaan lalu lintas di jalur tersebut hingga merenggut banyak korban jiwa.

Dilokasi yang sama, kita juga melihat sudah ada upaya dari Pemprov Jabar yang dilakukan oleh Dinas BMPR yaitu berupa pembangunan escape way. Walaupun masih 300 meter tapi saya yakin ini salah satu cara untuk meminimalkan kecelakaan, ujar Ineu.

Ditambahkannya terkait rencana pembangunan jalan Lingkar Subang sebagai jalur alternatif,Ia  mengatakan berdasarkan keterangan Kadis BMPR Guntoro, bahwa jalan Lingkar Subang dirancang sepanjang 7 kilometer dan insya Allah pembangunannya akan dimulai tahun 2019 mendatang,jelas Ineu. 

Namun, mulai saat ini pihak Dinas BMPR sedang mempersiapkan lahan untuk jalur lingkar Subang tersebut. Selain itu, dewan juga meminta pihak Dinas BMPR untuk terus memperhatikan jalur Kabupaten Bandung Barat-Subang, karena jalur ini merupakan jalur aktif dan sangat banyak dilewati oleh kendaraan,jelasnya. 

Sementara itu disis lain, jalur KBB-Subang ini jalannya cukup banyak tikungan tajam dan tanjakan. Kondisi jalur KBB-Subang merupakan jalan Provinsi yang saat ini londisinya cukup baik, hal ini menunjukan bahwa pemeliharaannya berjalan dengan baik pula. Selain itu, kita juga mengapresiasi terhadap kinerja pihak Dinas BMPR yang cepat tanggap terhadap persoalan kondisi jalan,Untuk itu, kita minta agar terus dilakukan pemantauan dan pemeliharaan secara serius,pungkas legislator yang juga Ketua Babnteng Muda Indonesia (BMI) Jawa Barat in.(Ari/Red) 




×
Berita Terbaru Update