Notification

×

Iklan

Iklan

Berita Duka Mantan Wagub Jabar Aboeng Koesman Somawidjaja Meninggal

Minggu, 28 Mei 2017 | 13:34 WIB Last Updated 2017-05-28T06:34:06Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM - Wakil Gubernur Jawa Barat pada kepemimpinan Gubernur Aang Kunaefi, yakni H Aboeng Koesman Somawidjaja, meninggal dunia pada usia  92 tahun, di Cirebon,  Sabtu (27/5).

"Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari inohong atau sesepuh Sunda Jawa Barat yakni Bapak Aboeng Koesman Somawidjaja. Almarhum telah berpulang ke Rahmatullah pada pukul 22.30 WIB, Sabtu malam atau 2 Ramadhan 1438 Hijriah," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dalam siaran persnya, Minggu.

Gubernur yang akrab disapa Aher itu,  Minggu pagi  hadir ke rumah duka untuk bertakziah bersama istrinya, Netty Prasetyani Heryawan.

"Selamat jalan Bapak Aboeng Koesman Somawidjaja. Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami kehilangan sosok sesepuh Jawa Barat, Inohong Sunda yang pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat periode 1981-1987," kata Aher.

Aboeng Koesman dilahirkan di Garut pada tanggal 24 April 1925. Sebelum menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat, H Aboeng Koesman, pernah menduduki kursi Wali Kota Cirebon yang dijabatnya pada tahun 1972-1982.

Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Paguyuban Pasundan sampai dengan tahun 2000 dan Ketua Yayasan Pasundan selama dua periode.

Karier militer dimulainya pada Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Tentara Rakyat Indonesia (TRI) di masa perjuangan dulu.

Karir militer lainnya adalah Pa/Dan POMDAN II/Bukit Barisan Medan serta Pa/Dan POMKOADAIT di Makasar. Suami dari  Hj Siti Hafijah dan ayah dari empat putra dan tiga putri ini juga pernah menjabat sebagai Pa/Dan POMDAN III Siliwangi di Bandung dan Pa/Dan DAN PUSDIKPOM di Cimahi.

Sehubungan kabar duka tersebut, pihak keluarga mohon do`a agar almarhum husnul khatimah dan dapat dimaafkan segala kesalahannya. jenazah akan dimakamkan siang ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra.(Red)
×
Berita Terbaru Update