Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Rekomendasi Rakerwil, 5 Kankemenag dan 3 MAN jadi Proyek Percontohan WBBK 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 | 08:24 WIB Last Updated 2024-02-25T01:29:39Z


KABUPATEN KARAWANG.LENTERAJABAR.COM
,- Sejumlah rekomendasi dihasilkan dalam rapat Kerja Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Tahun 2024.


Keputusan hasil rekomendasi rapat tersebut, dibacakan Kepala Bagian Tata Usaha Drs. H. Muhammad Ali Abdul Latief di dampingi Kepala Kemenag Kab Cianjur H. Ramlan Rustandi dan Ketua KKM MAN Jawa Barat H. Aris Mujiharjo, di Hotel Swissbell Karawang, Jumat (23/2/2024). 


Rekomendasi tersebut antara lain menetapkan Satuan Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Sumedang, Majalengka, Purwakarta, dan Karawang sebagai proyek percontohan Pesona Integritas menuju WBBK Tahun 2024. Selain itu, menetapkan Satuan Kerja MAN 5 Garut, MAN Kuningan, dan MAN 2 Kota Bandung sebagai proyek percontohan Pesona Integritas menuju WBBK Tahun 2024.  


Direkomendasikan pula untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas tata kelola, manajemen, tata usaha, perencanaan, keuangan, kepegawaian dan barang milik negara dengan standar dan SOP masing-masing satuan kerja. 


Menyangkut rumah ibadah, rakerwil merekomendasikan untuk melakukan percepatan dan penyelesaian izin rumah ibadah yang bermasalah, dengan mempedomani Surat Edaran Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2023 tentang Pemanfaatan Kantor Kementerian Agama sebagai rumah ibadah.


Rekomendasi lainnya adalah percepatan indikasi tanah wakaf melalui Dipa Kementerian Agama dan pengusulan kuota WBSL tanah wakaf ke Kanwil ATR BPN Provinsi Jawa Barat. Selain itu, menggerakkan sumberdaya aparatur dalam bentuk pengimplementasi penyelenggaraan prodak halal Tahun 2024 dengan gerakan mandatori halal 2024.


“Mengimplementasikan budaya, literasi, numerasi menggunakan metode Gasing (Gampang Asyik Menyenangkan). Menjalankan rencana aksi sebagai mana tercantum dalam outlook Kementerian Agama tahun 2024 yang akan dilaksanakan penandatanganan pakta integritas dengan Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat,” kata Muhammad Ali Abdul Latief.


Usai dibacakan Rekomendasi Rapat Kerja Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat ditandatangani oleh Kabag TU, Kepala Kemenag Kab. Cianjur, dan Ketua KKM MAN Jawa Barat. 


Pakta Integritas


Penandatanganan Pakta Integritas Komitmen Kerja antara Kepala Kanwil Kemenag Jabar dengan pejabat administrator menjadi salahsatu agenda pada hari terakhir Rakerwil. Mereka terdiri dari Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang PD Pontren, Kepala Bidang Penais Zakat dan Wakaf, dan Kepala Bidang madrasah, Kepala Bidang Urais, Kepala Bidang PAI, Pembimas, Khonghucu, Kristen dan Katolik. Kemudian Kepala Kantor Kemenag Se Jawa Barat.


“Penandatanganan pakta integritas ini menjadi pegangan kami untuk berkomitmen melaksanakan kinerja sebaik-baiknya. Karena salah satu butirnya menyebutkan, apabila komitmen tersebut tidak sesuai target dan waktu yang telah ditentukan, maka sebagai pimpinan eselon harus siap menerima konsekuensinya," tutur Ali.


Ali menegaskan, hasil rakerwil ini harus menjadi komitmen bersama Kementerian Agama Jawa Barat untuk terus melakukan banyak inovasi. Peserta rakerwil telah mengikuti seluruh rangkaian agenda dengan baik dan khidmat.


Ali menambahkan, rakerwil kali ini merupakan wujud komitmen Kementerian Agama dalam melaksanakan program kinerja dengan prioritas pelayanan terhadap umat.(HADE/Sbr Kmng)

×
Berita Terbaru Update