Notification

×

Iklan

Iklan

Lomba Kereta Peti Sabun Akan Digelar di Bandung

Senin, 08 Mei 2023 | 17:02 WIB Last Updated 2023-05-08T10:02:06Z


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Lomba kereta peti sabun (LKPS) sejak dahulu akrab dengan masyarakat Kota Bandung. Diawali dengan penyelenggaraan pertama di tahun 1950-an yang kemudian lanjutkan oleh Daya Mahasiswa Sunda (DAMAS) di era 70-80-an.   

Di tahun 2023 ini, DAMAS berkolaborasi dengan Ikatan Alumni SMP Negeri 2 Bandung Angkatan 1983 (IKA283) akan menggelar LKPS yang ke 10 yang merupakan seri lanjutan dari penyelenggaraan terakhir dari LKPS ke-9 tahun 1988.

Perhelatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 Agustus 2023, dengan mengambil tempat di ruas Jalan Merdeka Bandung, bersebelahan dengan kantor Balaikota Bandung, atas dukungan penuh dari Pemerintah Kota Bandung. 

Melalui Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, event ini kemudian akan diajukan kepada Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menjadi kegiatan rutin tahunan Kota Bandung (Calendar Of Event). Dimana kegiatan ini akan melibatkan berbagai potensi masyarakat Bandung mulai dari penampilan seni dan budaya Sunda, permainan “Kaulinan Barudak Baheula”, jajanan kuliner khas Bandung, dan keterlibatan berbagai komunitas kreatif Kota Bandung. 

Kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dengan menciptakan keakraban antara anak dan orangtua dalam rancang bangun Kereta Peti Sabun, sehingga yang terlibat akan mendapatkan pengalaman berharga yang tak terlupakan. 

Dengan demikian, diharapkan dukungan penuh masyarakat kota Bandung dan sekitarnya untuk ikut berpartisipasi mengembangkan kreatifitas dalam mendesain dan membangun Kereta Peti Sabun, berpartisipasi menampilkan beragam budaya Sunda, menyajikan berbagai kuliner khas kota Bandung.

Perhelatan Lomba Kereta Peti Sabun ke 10 di tahun 2023 ini, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun dan menyambut Hari Jadi Kota Bandung yang ke-213 tahun. 

Lomba Kereta Peti Sabun kali ini akan diselenggarakan terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

1. RACE (adu kecepatan) untuk kelas Anak usia 7-12 tahun, Remaja usia 13-18 tahun, dan Dewasa usia 19 tahun keatas. 

2. FESTIVAL, dapat diikuti oleh semua kalangan dengan penentuan pemenang dari sisi kreativitas, inovasi, keunikan, dari Kereta Peti Sabun yang dibangun berikut penampilan dari pengendara Kereta Peti Sabun itu sendiri. 

Berbagai dukungan telah diperoleh Panitia LKPS untuk mensukseskan penyelenggaraan kegiatan LKPS ini.

Berbagai media massa online maupun cetak dan elektronik, sudah turut mempublikasikan kegiatan ini, seperti  melalui wawancara langsung dan pemberitaan.

Kegiatan inipun didukung penuh oleh Ikatan Alumni ITB dalam mengembangkan teknologi yang akan diterapkan pada Kereta Peti Sabun berbasis energi terbarukan.

Bahkan, Ikatan Motor Indonesia melalui Ketua Umum nya, Bapak Bambang Soesatyo. Menurut Bambang, sangat antusias mendukung kegiatan ini sebagai cikal bakal masyarakat dalam menggemari olahraga otomotif agar supaya bisa melahirkan bibit-bibit muda berprestasi. 

Informasi lengkap terkait cara pembuatan Kereta Peti Sabun, ketentuan dan peraturan lomba, serta formulir pendaftaran bisa diakses melalui laman resmi LKPS di: https://keretapetisabun.com (pendaftaran hanya dapat dilakukan via online).(Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update