Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua Komisi A : Nilai Aktualisasi Pancasila Harus Jadi Pondasi Pembentukan Ormas

Rabu, 24 Mei 2023 | 21:08 WIB Last Updated 2023-05-25T03:11:41Z

Ket Foto : Ketua Komisi A, H. Rizal Khairul, S.IP., M.Si., menjadi narasumber pada acara Pendidikan Bela Negara Angkatan XV bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) Kota Bandung,Rabu (24/5/2023).Tofan/Humpro DPRD 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Ketua Komisi A, H. Rizal Khairul, S.IP., M.Si., menjadi narasumber pada acara Pendidikan Bela Negara Angkatan XV bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) Kota Bandung. Pelatihan ini digagas oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung sebagai bentuk penguatan Pancasila bagi Organisasi Masyarakat di Kota Bandung, Rabu (24/5/2023).

Sesuai dengan Undang-Undang No. 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan menegaskan bahwa Ormas yang dibentuk oleh masyarakat harus berasaskan nilai-nilai Pancasila. Dijelaskan oleh Rizal bahwa aktualisasi nilai Pancasila harus menjadi pondasi yang kuat dalam pembentukan Ormas di Kota Bandung.

“Kita harus ingat, Ormas di Kota Bandung harus berasaskan Pancasila. Nilai Pancasila harus mengkristal pada terbentuknya Ormas di Kota Bandung. Ormas yang sangat dekat dengan masyarakat harus bisa memberikan kondusifitas yang harmonis sesuai dengan pedoman yang terkandung dalam Pancasila,” kata Rizal.

Rizal mengungkapkan juga terkait bagaimana organisasi masyarakat harus mengedepankan intelektualitas dalam menjalankan aksinya.

Melalui Pancasila pula, Organisasi masyarakat dituntut untuk menjadi ormas yang memiliki intelektual yang tinggi. Artinya, Ormas harus menjadi organisasi yang bisa bertanggungjawab dalam melaksakan aksinya.

“Sebelum melakukan aksi kita harus menganalisa problematika yang akan kita perjuangkan, kita hadirkan data yang valid. Jangan sampai aksi yang kita lakukan berdasarkan katanya dan katanya. Selain itu, aksi yang dilakukan jangan sampai menimbulkan anarkisme yang bisa merugikan pihak lain, lakukan secara elegan dan kondusif dengan melalui forum diskusi yang nyaman,” tutur Rizal.

Rizal juga menambahkan bahwa aktualisasi Pancasila dalam Ormas harus bisa memperjuangkan kepentingan bersama, membela yang benar dan keadilan.

“Kita harus berani meluruskan hal yang salah dan mempertahankan hal yang benar, niscaya Kota Bandung akan selalu kondusif dan nyaman bagi masyarakatnya,” ujar Rizal.*

×
Berita Terbaru Update