Notification

×

Iklan

Iklan

Ayo Amalkan Membaca Ayat Kursi,Agar Selalu di Lindungi Allah SWT

Minggu, 30 April 2023 | 17:59 WIB Last Updated 2023-04-30T10:59:15Z

Caption : Membaca surat Al Baqarah ayat 255

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Membaca Ayat Kursi menjadi satu amalan yang punya banyak keutamaan. Ayat kursi terdapat pada surat Al Baqarah ayat 255.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa Ayat Kursi menjadi ayat paling utama dalam Al-Qur'an.

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Di dalam surat Al-Baqarah ada satu ayat yang menjadi kepala kepada semua ayat-ayat Al-Qur'an, tidak dibaca ayat itu di dalam rumah yang ada setan di dalamnya melainkan ia keluar daripada rumah itu yaitu ayat kursi."

Ayat Kursi bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.Fadilah mengamalkan membaca Ayat Kursi akan dinaikkan derajatnya dan dimudahkan rezekinya oleh Allah di dunia dan akhirat.

Ayat ini dapat dibaca kapanpun, misalnya setelah sholat fardhu, saat hendak tidur, atau sebagai bacaan doa ketika mengharapkan pertolongan Allah SWT.

Dengan membaca ayat kursi sebanyak 18 kali sehari, Allah akan memberikan pengaruh besar sehingga orang akan senantiasa menghormatimu.

Allah juga akan menjaga orang tersebut dari segala bencana yang akan menimpanya pada hari itu.

Ayat Kursi di dalam ajaran Islam memiliki keutamaan melindungi dari gangguan jin dan setan hingga terhindar dari kejahatan manusia.

Bahkan Ayat Kursi jika dibaca rutin usai sholat mampu menghilangkan batasan antara kematian dengan seseorang masuk surga.

Pendakwah (Alm) Syekh Ali Jaber mengajarkan setiap umat muslim untuk rutin membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat, khususnya sholat Fardhu.

Setiap manusia yang menghadapi kematian pasti akan menjalani kehidupan di alam selanjutnya. Hingga nantinya manusia tersebut diputuskan apakah masuk sorga atau neraka.

Syekh Ali Jaber mengatakan jika seorang hamba Allah rutin membaca ayat kursi setiap selesai sholat, maka tidak ada batasan antara dirinya dengan sorga.

"Jaminan masuk surga, berapa kali kepada jamaah saya selalu ingatkan tentang (membaca Ayat Kursi) ini," kata Syekh Ali Jaber yang bisa disimak dalam potongan akun YouTube.

Keberapa keutamaan Ayat Kursi lainnya termasuk terhindar dari bala dan malapetaka.

Di riwayat lain Ayat Kursi memberikan perlindungan selama manusia tertidur.

Ketika dibaca sebelum kedua mata terlelap, maka ayat Kursi mampu menurunkan malaikat untuk menjaga kita selama tertidur.

"Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah SWT akan senantiasa menjagamu. Selain itu, setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi." (HR. Bukhari).

Berikut ini lafaz Ayat Kursi dengan tulisan Arab dan Latin beserta terjemahan:


اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ

لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ

لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ

مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ

يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ

وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْم


Bacaan latin:

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum,

Laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum,

La huu maa fis samawaati wa maa fil ardh,

Mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih,

Ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum,

Wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi hii illaa bi maa syaa’,

Wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh,

Wa laa yauudlu huu hifdzuhumaa, wa huwal ‘aliyyul ‘adziiim

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahat Tinggi, Maha Besar.

Semoga kita selalu mengamalkan ayat Kursi dan mendapatkan manfaatnya dunia dan akhirat. (*)



×
Berita Terbaru Update