Notification

×

Iklan

Iklan

Aleg H.Toto Purwanto Sandi, SE., M.I.Pol. Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi Polio Serentak di Jabar

Sabtu, 01 April 2023 | 17:31 WIB Last Updated 2023-04-23T00:41:38Z

Caption : H. Toto Purwanto Sandi, SE., M.I.Pol. Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat 

PURWAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,- Kasus polio yang ditemukan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dimana terjadi pada anak berusia empat tahun dengan gejala lumpuh.

Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Polio. Polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian akibat gagalnya/lumpuhnya sistem pernapasan. Mengapa satu kasus harus diwaspadai? Karena polio menular, berdampak besar dan panjang bagi kesehatan maka satu kasus harus diwaspadai dan sebagai ancaman.

Polio dapat menyerang pada usia berapa pun, tetapi polio terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Pada awal abad ke-20, polio adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di negara-negara industri, melumpuhkan ratusan ribu anak setiap tahun.

Menyikapi hal tersebut Anggota Legislatif (Aleg) H. Toto Purwanto Sandi, SE., M.I.Pol. wakil rakyat daerah pemilihan Jabar X  Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang meminta  Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui dinas kesehatan harus segera mengambil tindakan guna mewaspadai kemungkinan potensi penyebaran polio usai temuan satu kasus polio di Kabupaten Purwakarta,tegas Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat yang membidangi Kesra ini.

“Kami prihatin terjadinya satu kasus Polio di Kabupaten Purwakarta, kita meminta pihak dinas kesehatan provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Purwakarta untuk segera melakukan tindakan cepat dari adanya virus Polio ini agar tidak menyebar,” tutur politisi partai berlambang bintang mercy ini.

Pemda Provinsi Jawa Barat siap melaksanakan vaksinasi polio untuk anak usia 0-59 bulan secara serentak mulai 3 April 2023.Vaksinasi polio ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama mulai 3-15 April dan dilanjutkan tahap kedua pada 15-27 Mei.

Adanya Vaksinasi Polio Massal secara serentak, mendapat Apresasi dari Anggota Komisi V DPRD Jabar H. Toto Purwanto Sandi, SE., M.I.Pol. dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Menurut Kang TPS sapaan akrab Toto Purwanto Sandi,DPRD Jabar khususnya Komisi V yang bermitra kerja Dinas Kesehatan pihaknya mendukung sepenuhnya program Sub PIN Polio di Jabar .

Vaksinasi akan dilaksanakan di seluruh Puskesmas dan Posyandu serta tempat lain yang ditunjuk antara lain sekolah taman kanak-kanak. 

Selain itu, setelah seminggu dilaksanakan, tim akan melakukan sweeping mencari balita yang belum terjangkau vaksinasi tuturnya seraya menghimbau masyarakat untuk tidak perlu takut dan datangi puskesmas atau posyandu di mana vaksinasi polio dilaksanakan.vaksin yang akan digunakan dalam vaksinasi sudah dinyatakan halal oleh MUI.(Rie/AdPar)


×
Berita Terbaru Update