.

6 Wisata Religi Ini di Bali yang Bisa Jadi Alternatif Wisata Pulau Dewata

Caption : Salah satu destinasi di Bali Pura Besakih

Mungkin satu-satunya hal yang cocok dengan intensitas keajaiban alam Bali yang mendunia adalah pesona budaya dan spiritualnya. Agama masyarakatnya yang utama adalah Hindu, mereka percaya bahwa alam adalah jiwa dari segala sesuai di alam.

Ada banyak tempat di Indonesia yang juga lekat dengan identitas spiritual, namun kebanyakan hal tersebut diabaikan dan kalah dari pemandangan yang indah. Bali memang memiliki kesan tersendiri untuk wisatawan, tak heran pembelian tiket Jakarta – Bali selalu jadi unggulan.

Mulai dari danau dan pura hingga hutan dan gunung berapi, inilah situs paling suci di Bali yang harus Anda ketahui.

 Rekomendasi Lokasi Wisata Religi di Bali

  1. Gunung Agung

Gunung Agung bukan hanya yang tertinggi dan termegah di Bali, gunung ini juga dihormati oleh masyarakat sekitar sebagai tempat tinggal para dewa, khususnya Mahaeva, wujud tertinggi dari Dewa Siwa.

Gunung Agung dianggap sebagai gunung paling suci di antara konstelasi empat gunung yang membagi pulau Bali bagian utara dan selatan. Karena sifat mistis dan lanskap yang sulit, sebaiknya para wisatawan menyewa pemandu lokal untuk membantu.

Sebelum mendaki, biasanya pemandu dan penduduk setempat akan melakukan doa bersama di salah satu pura gunung dan memohon keselamatan serta petunjuk. Selain itu, Anda juga tidak diperbolehkan membawa makanan olahan daging sapi karena sapi dianggap sebagai makhluk suci di Bali.

  1. Pura Besakih

Pura ini terletak di lereng hutan Gunung Agung yang terdiri dari 18 pura yang tersebar luas di seluruh area. Hal ini jugalah yang membuat Pura Besakih jadi salah satu pura terbesar yang ada di Bali.

Konon, seorang pemuja Hindu dari India bernama Rsi Markandeya yang mendirikannya dan membuat Pura Besakih menjadi pusat kegiatan keagamaan di seluruh pulau.

Pura ini terbuka untuk umum, namun di beberapa bagiannya tidak bisa dimasuki karena tempat kegiatan keagamaan yang sakral. Sebelum membeli tiket Jakarta – Bali, jangan lupa siapkan pakaian yang sopan untuk memasuki tempat ibadah ini.

  1. Gunung Batur

Gunung Batur jadi salah satu dari empat gunung suci yang ada di Bali dan menjadi gunung terkecil di antara keempatnya. Walau begitu, Gunung Batur adalah gunung berapi paling aktif di pulau ini, letaknya berada di kawah besar yang terbentuk sejak Meletus ribuan tahun yang lalu.

Konon, letusan yang terjadi pada 1926 memusnahkan seluruh desa namun tidak bisa memuskahkan pura gunung yang ada di sana.

Aktivitas gunung yang tinggi membuat masyarakat sekitar meyakini kalau gunung ini adalah tempat bersemayamnya Dewa Brahma yang sering dilambangkan dengan cincin api.

Masyarakat sekitar sering mengadakan ritual persembahan ke gunung ini selama upacara sakral untuk menyucikan daerah tersebut dari kejahatan dan menjaga keseimbangan alam semesta.

  1. Danau Batur

Danau dengan bentuk bulan sabit ini berlokasi di kaki Gunung Batur, menyajikan keindahan pemandangan dan kesucian tempat secara bersamaan. Danau ini menjadi salah satu sumber utama bagi seluruh masyarakat yang tinggal di Bali Tengah.

Air tawarnya mengandung mineral yang tinggi dan mampu menyuburkan sawah yang ada di daerah sekitarnya.

Danau Batur dianggap sebagai Dewi Danau atau Dewi Air sehingga beberapa mata air yang berasal dari danau ini dianggap keramat dan dianggap memiliki kekuatan menyembuhkan penyakit apapun. Di sebelah barat danau, terdapat Pura Ulun Danu Batur yang indah, salah satu pura suci dan paling banyak menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang membeli tiket Jakarta – Bali.

  1. Pura Ulun Danu Batur

Di tahun 1926, Gunung Batur meletus dan memusnahkan seluruh desa di sekitarnya. Namun, Pura Ulun Danu Batur yang digunakan untuk persembahan Dewi Danau tetap utuh.

Akhirnya, masyarakat sekitar mengambil alih pura tersebut dan membangun ulang agar lebih megah dan dapat digunakan untuk beribadah.

Kompleks pura ini terdiri ari sembilan candi dengan 285 tempat ibadah yang kini juga berfungsi sebagai tempat wisata populer. Arsitekturnya yang tinggi dengan pemandangan Gunung dan Danau Batur yang indah jadi alasan mengapa pura ini wajib dikunjungi.

  1. Pura Lempuyang Luhur

Menjadi salah satu pura tertua di Bali. Letaknya berada di puncak Gunung Lempuyang, Bali Timur. Para wisatawan bisa mendaki 1.700 anak tangga ke kuil untuk mencapai pura suci ini.

Saat mendaki, Anda tidak diperbolehkan untuk mengeluh. Hal ini karena masyarakat sekitar percaya kalau mereka yang mengeluh tidak akan pernah sampai ke puncak Gunung Lempuyang.

Pura Lempuyang Luhur dibangun saat Indonesia berusia 70 tahun, bersama dengan beberapa candi lainnya. Pembangunan ini dilakukan oleh Lord Pashupati dan anak-anaknya untuk membantu menstabilkan Pulau Bali.

Pura ini ramai selama hari-hari suci umat Hindu dan selama bulan purnama, yaitu saat masyarakat melakukan ziarah mencari berkah dan air suci.

Wisata Religi di Bali memang akan memberikan pengalaman baru bagi Anda yang berlibur dan berencana membeli tiket Jakarta – Bali dengan Traveloka. Tak hanya memberikan kesan yang sakral, tempat wisata ini juga memberikan keindahan alam karena terletak di daerah pegunungan Bali.

Tentunya, Anda juga bisa menginap di hotel atau akomodasi terdekat di sekitarnya. Dengan aplikasi Traveloka, Anda akan mudah menemukan penginapan yang Anda butuhkan. ***