Notification

×

Iklan

Iklan

19 Produk Budaya Jawa Barat Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda

Minggu, 11 Desember 2022 | 16:10 WIB Last Updated 2022-12-11T09:15:39Z

Caption : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menrima Sertifikat penetapan 19 Warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada Malam Apresiasi Kebudayaan Indonesia 2022 di kantor Kemendikbud Ristek. (foto istimewa)

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
, -- Sebanyak 19 produk budaya asal Jawa Barat ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda tahun 2022 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Sertifikat penetapan 19 Warisan Budaya Takbenda (WBTb) diterima oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Malam Apresiasi Kebudayaan Indonesia 2022 di kantor Kemendikbud Ristek, Jumat (9/12/2022). 

Penetapan melalui serangkaian penilaian oleh Tim Ahli WBTb dan sidang penetapan sampai dihasilkan rekomendasi kepada Mendikbud Ristek untuk ditetapkan. 

Jabar menjadi terbanyak kedua penerima sertifikat WBTb setelah Daerah Istimewa Yogyakarta (21 sertifikat). Sementara total sertifikat WBTb yang diserahkan malam itu sebanyak 200 sertifikat dari 32 provinsi. Hingga kini total produk budaya yang sudah ditetapkan sebanyak 1.728 WBTb secara nasional. 

Selain penetapan WBTb, pelestari sastra Jabar Ajip Rosidi juga mendapatkan gelar tanda kehormatan dari Presiden RI, yakni Bintang Mahaputera Pratama. 

Gelar yang sama juga didapat oleh maestro seni tradisi Sunda Gugum Gumbira (Bintang Jasa Naraya). Gelar dan tanda kehormatan dari Presiden ini diterima oleh masing-masing ahli waris. 

Kemendikbud Ristek memberikan pula penghargaan Kategori Pelestari kepada Engkus Ruswana dan berhak mendapatkan pin emas 18 karat seberat 5 gram, piagam penghargaan serta dana apresiasi Rp50 juta. 

"Ini adalah bukti kehadiran negara dalam menghargai pelaku dan pemberdaya kebudayaan. Kali ini meliputi dua jenis penghargaan, yaitu gelar dan tanda kehormatan dari Presiden, dan penghargaan dari Kemendikbud Ristek," ujar Mendikbud Ristek Nadiem Makarim melalui siaran pers yang diterima. 

Malam Apresiasi Kebudayaan Indonesia 2022 adalah ajang untuk mengapresiasi aneka terobosan dalam upaya kemajuan kebudayaan yang dilakukan oleh individu, komunitas, dan pemerintah daerah. 

Anugerah Kebudayaan Indonesia 2022 secara khusus menggarisbawahi teladan inovasi dalam kaitannya dengan situasi krisis yang disebabkan pandemi. 

"Para peraih Anugerah Kebudayaan Indonesia 2022 telah memberikan teladan inovasi, sehingga kita memiliki rujukan tentang jalan kebudayaan yang mesti ditempuh," kata Nadiem. 

Melalui kegiatan tersebut, Kemendikbud ingin memberikan apresiasi kepada para tokoh penerima penghargaan yang berprestasi dan berdedikasi tinggi terhadap kemajuan kebudayaan. 

"Pemberian anugerah ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan," ucap Nadiem. 

Berikut 19 WBTb tersebut: 

1. Tenun Gedogan Dermayu (kemahiran dan kerajinan tradisional).

2. Lampu Gentur (kemahiran dan kerajinan tradisional).

3. Babaritan Kranggan (adat istiadat masyarakat, ritus dan perayaan-perayaan).

4. Doclang (kemahiran dan kerajinan tradisional).

5. Tari Topeng Cisalak (seni pertunjukan).

6. Moci Sukabumi (kemahiran dan kerajinan tradisional).

7. Penca Aliran Cimande (tradisi lisan dan ekspresi).

8. Tari Ketuk Tilu (seni pertunjukan).

9. Surak Ibra (seni pertunjukan).

10. Bedaya Rimbe (seni pertunjukan).

11. Celempung Jawa Barat (kemahiran dan kerajinan tradisional).

12. Tari Jayengrana Kasumedangan (seni pertunjukan).

13. Ajeng Karawang (seni pertunjukan).

14. Degung (seni pertunjukan).

15. Goong Renteng (seni pertunjukan).

16. Cigawiran (seni pertunjukan).

17. Kacapi Suling (seni pertunjukan).

18. Kliningan (seni pertunjukan).

19. Longser (seni pertunjukan). 

×
Berita Terbaru Update